nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Nikmatnya Makan Durian Pakai Lemang

Liansah Rangkuti, Jurnalis · Kamis 08 Februari 2018 08:20 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 02 08 298 1856365 nikmatnya-makan-durian-pakai-lemang-k82sBSZOQx.jpg

DURIAN pakai Lemang, makanan musiman ini menjadi favorit dikalangan masyarakat Mandailing Natal (Madina), Sumatera Utara.

Lemang adalah ketang yang dimasak pakai bambu dan santan kelapa dengan sedikit garam beryodium. Nah di Mandailing yang lebih menaraik makan durian pakai lemang salah satu ciri khas orang Mandailing.

"Iya kalau makan durian dipadu dengan lemang rasanya lebih enak," kata Maya Sampe (22), warga Desa Panyabungan Jae, Kecamatan Panyabungan, Madina. kepada Okezone, Kamis (8/02/2018).

Sebenarnya dua makanan tersebut adalah sama-sama makanan musiman di daerah Madina. "Memang kalau lemang itu biasa musimnya pas di waktu hari hari tertentu, seperti hari Raya Idul Adha atau di musim Panen Padi sawah serentak" tuturnya.

Tapi ada juga sebagian warga di kabupaten Madina yang melakoninya jika hendak makan durian sambil masak lemang di kebun durian secara bersama dengan keluarga. "Tapi enaknya makan durian dan lemang di kebun durian bersama keluarga sambil masak sendiri di kebun duriannya," tambahnya

(Baca Juga: 5 Tips Memilih Durian yang Manis & Bertekstur Sempurna)

Uniknya lagi.! pada saat musim durian di kabupaten Madina, jangan heran jika di setiap pasar pasti banyak yang menjual lemang. Padahal jika di hari-hari biasa orang yang jual lemang di seluruh pasar yang ada di kabupaten Madina itu sangat langka.

(Baca Juga: Makyus! Nikmatnya Durian Tai Babi, Legitnya Tak Tertandingi)

"Saya jualan lemang karena musim durian saja, sebelumnya saya hanya ke sawah, soalnya jual lemang di waktu musim durian pasti laris," ujar Syakinah Boru Rambe, salah seorang pedagang.

(Baca Juga: Kampung Durian, Destinasi Wisata Baru untuk Penggila Durian)