Share

Padang Unggulkan Tradisi Makan Bajamba Dirangkaian Hari Pers Nasional 2018

Annisa Aprilia, Okezone · Kamis 08 Februari 2018 10:12 WIB
https: img.okezone.com content 2018 02 08 298 1856426 padang-unggulkan-tradisi-makan-bajamba-dirangkaian-hari-pers-nasional-2018-hSozNsTcZv.jpg Tradisi Makan Bajamba (Foto: Istimewa)

PADANG menjadi salah satu kota di Indonesia yang kulinernya sudah mendunia. Rendang dinobatkan sebagai makanan terenak di dunia dan hampir disetiap sudut Kota Padang, Anda bisa dengan mudah menemukannya.

Pada rangkaian peringatan Hari Pers Nasional, Kota Padang terpilih sebagai lokasi diselenggarakannya keriaan tersebut. Kamis, 8 Februari 2018, sekaligus jadi momentum hari kedua dari serangkaian peringatan Hari Pers Nasional tahun ini.

Kamis malam nanti, direncanakan akan diadakan pesta adat makan Bajamba. Pesta adat tersebut merupakan salah satu kebudayaan makan bersama yang ada di Sumatera Barat. Dalam makan Bajamba, tidak ada satu orang pun yang dibedakan posisinya, karena hal yang terpenting ialah kebersamaan. Tradisi ini juga jadi program unggulan dalam rangkaian peringatan HaribPers Nasional 2018.

Acara pesta ada makan Bajamba nanti malam diagendakan akan dihadiri oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, beserta beberap menterinya di kabinet kerja. Tidak hanya acara nanti malam, Presiden Joko Widodo juga direncanakan akan menghadiri malam puncak peringatan Hari Pers Nasional 2018 di Padang, Sumatera Barat. Kementerian Pariwisata juga menyambut baik wisata kuliner yang dikemas pada pesta adat makan Bajamba.

โ€œProgram acara pesta adat Makan Bajamba akan berlangsung pada Kamis malam tanggal 8 Februari 2018. Pesta adat dan puncak acara HPN 2018 diharapkan dihadiri Presiden Joko Widodo,โ€ kata Ketua Umum Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) yang juga Ketua Panitia Hari Pers Nasional (HPN) 2018 Margiono didampingi Wakil Gubernur Sumatera Barat, Nasrul Abit usai memimpin rapat pematangan HPN 2018 di Gedung Dewan Pers, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, belum lama ini.

Dalam kesempatan itu, Wakil Gubernur Sumatera Barat yang mewakili Gubernur, Irwan Prayitno, menyerahkan Surat Perjanjian Kerjasama (SPK) penyelenggaraan Hari Pers Nasional (HPN) 2018 antara Pemerintah Provinsi Sumatera Barat dengan Panitia HPN 2018.

Margiono menyatakan bahwa masyarakat Sumatera Barat juga mengharapkan kehadiran Presiden Jokowi untuk dapat melakukan ground breaking pembangunan jalan tol Padang-Pakanbaru dan perluasan pabrik Semen Padang. Kedua proyek ini memiliki arti penting bagi pertumbuhan perekonomian Sumatera Barat dan kawasan sekitarnya.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini