nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Begini Cara Makan Ramen yang Tepat agar Terasa Lebih Lezat

Pradita Ananda, Jurnalis · Kamis 08 Februari 2018 17:19 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 02 08 298 1856687 begini-cara-makan-ramen-yang-tepat-agar-terasa-lebih-lezat-Or7CuWPJvx.jpg Ramen (Foto: Pradita Ananda/Okezone)

MAKANAN khas Jepang, tidak bisa dipungkiri memang jadi salah satu makanan asing yang keberadaannya sangat terkenal di berbagai penjuru dunia. Tidak ubahnya seperti makanan Italia ataupun Chinese food.

Salah satunya bisa dilihat di Indonesia, khususnya di kota besar seperti Jakarta, di mana gerai-gerai makanan khas Jepang bisa sangat mudah ditemukan. Misalnya saja seperti gerai hidangan ramen, mulai dari di pusat perbelanjaan mewah hingga gerai-gerai ramen di jalan.

Mengonsumsi hidangan ramen sendiri, rasanya tidak berlebihan jika dibilang sebagai salah satu hidangan andalan banyak orang di Jakarta sehari-hari. Namun, apakah selama ini kita sebetulnya sudah menyantap ramen dengan cara yang tepat?

 (Baca Juga: Semangkuk Sup Ayam Ampuh Atasi Flu karena Kehujanan)

Jangan salah kaprah, seperti hidangan sushi yang mempunyai pakem tersendiri saat dinikmati, begitu juga dengan semangkuk ramen. Lalu sebetulnya, bagaimana cara atau trik yang tepat untuk mengonsusi ramen agar kelezatannya bisa terasa maksimal saat dinikmati?

"Kalau pakem makan ramen itu sih, sebaiknya memang langsung segera dimakan begitu disajikan. Memang kadang saya sendiri takjub melihat bagaimana pelanggan, yang orang-orang Jepang itu bisa langsung makan ramen yang kuahnya kan panas. Tapi memang sebaiknya sih langsung makan begitu ramennya disajikan. Lalu yang kedua ada yang Zuzutto," ujar Amanda, Direktur IPPUDO Indonesia kala ditemui Okezone, Kamis (8/2/2018) dalam acara bertajuk"'Launcing Grand Menu 2018" di restoran Ippudo, Pasific Place, Jakarta.

 (Baca Juga: 5 Cara Asyik Makan Nanas Selain Dimakan Langsung)

Lebih lanjut, Amanda menjelaskan Zuzutto yang dimaksud ialah menyantap ramen dengan cara dihirup dan diseruput.

"Tujuannya agar kuah ramen itu bisa kehirup, lalu mi dan kuahnya itu bisa menyatu. Ini juga kenapa ramen itu harus langsung dimakan, karena kalau sudah dingin bakal susah karena mi nya sudah lembek, soggy gitu," imbuhnya.

 (Baca Juga: Restoran Berpelayan Seksi Ini Gratiskan Ayam Goreng, asal...)

Terakhir, agar ramen yang dimakan bisa semakin terasa nikmat. Amanda menyarankan untuk menghindari mencampur ramen dengan terlalu banyak bahan-bahan pendukung (condiment), misalnya seperti kecap ataupun yang lainnya.

"Kadang tuh orang kita kebiasaan suka terlalu dicampur ini-itu, tambah kecap misalnya. Gak usah terlalu banyak campur-campur sih, paling biasanya tambah bawang putih segar saja agar mi-nya itu tambah harum," tandasnya.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini