nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Terbuat dari Dedak Gandum Alami, Piring Ini Bisa Dimakan Loh!

Pradita Ananda, Jurnalis · Jum'at 09 Februari 2018 02:15 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 02 08 298 1856770 terbuat-dari-dedak-gandum-alami-piring-ini-bisa-dimakan-loh-ceaFD2sseO.jpg Piring dari gandum bisa dimakan (Foto:Metro)

 

SEIRING dengan berjalannya waktu, zaman memang semakin canggih. Di mana kecanggihan ini, tentunya dihadirkan untuk mempermudah kehidupan umat manusia pada umumnya.

Kemajuan ini juga terjadi di dalam dunia industri makanan, sekarang tidak hanya pilihan produk makanan yang semakin banyak dan semakin baik dari tahun ke tahun. Misal contoh yang bisa dilihat, kualitas dari street food yang sekarang bisa dibilang meningkat karena bukan lagi menyajikan camilan dengan saus standar.

BACA JUGA:

Sudah 3 Generasi, Ong Eng Hwat Pilih Setia dengan Bisnis Kue Keranjang

Peningkatan di dalam dunia industri makanan juga bisa dilihat dari hadirnya peralatan makan, yakni piring canggih. Jika kita mendengar kata piring, maka yang terlintas adalah piring kaca ataupun keramik, maka dari itu piring dikategorikan sebagai produk pecah belah.

Namun, kini ada sebuah perusahaan yang disebutkan memproduksi piring dengan material bahan alami sehingga bisa dimakan. Ialah Biotrem, sebuah perusahaan teknologi yang sebagaimana dilapor Metro, Jumat (9/2/2018) disebutkan memproduksi piring yang terbuat dari material bahan alami, yakni dedak gandum alami.

 

Lebih lanjut dijelaskan, edible plate ini dibuat di Polandia dengan menggunakan bahan-bahan yang terdiri dari dedak gandum alami dan sedikit air. Lalu kemudian dikemas menjadi bentuk piring padat dengan adanya tekanan dan suhu tinggi. Di mana, untuk penyajian piring yang bisa dimakan ini bisa digunakan untuk menjadi alat saji hidangan makanan bersuhu panas ataupun dingin. Tidak hanya itu, bahkan bisa juga digunakan untuk di dalam oven dan microwave.

 BACA JUGA:

Restoran Berpelayan Seksi Ini Gratiskan Ayam Goreng, asal...

Kecanggihan edible plate ini tidak hanya berhenti sampai di situ saja. Sebab, disebutkan piring ini juga bersifat biodegradable, yang menurut Dictionary memiliki arti mampu membusuk karena adanya aksi organisme hidup. Sehingga tidak menjadi masalah, apakah piring ini nantinya hendak dimakan atau tidak. Sebab produk ini bisa membusuk sendiri, atau menjadi kompos dalam kurun waktu 30 hari.

Sementara itu, Biotrem sendiri disebutkan memproduksi edible plate ini dalam tiga ukuran yakni 20 sentimeter, 24 sentimeter, dan 28 sentimeter dan juga ada yang berbentuk mangkuk bulat dan oval. Selain piring, Biotrem juga diketahui memproduksi peralatan makan lainnya dari dedak gandum, namun karena bahan PLA plastik biodegradable yang digunakan, peralatan makan tersebut tidak dapat dimakan dan tidak dapat digunakan dalam oven ataupun microwave, walaupun masih bersifat 100% biodegradable.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini