nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Anggun Rayakan Imlek dengan Batik Sumba Tulis & Tenun

Annisa Amalia Ikhsania, Jurnalis · Jum'at 09 Februari 2018 13:46 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 02 09 194 1857079 anggun-rayakan-imlek-dengan-batik-sumba-tulis-tenun-dXfbWrgzSb.jpg Batik sumba tulis untuk Imlek (Foto:Annisa)

TIDAK terasa perayaan Imlek atau Tahun Baru China sudah berada di depan mata. Ya, kurang dari satu pekan lagi, masyarakat keturunan Tionghoa akan bersemarak menyambut kemeriahan Imlek. Lantas, sudahkah Anda menyiapkan busana yang akan dikenakan?

Untuk merayakan Imlek, sejatinya tak melulu menggunakan busana cheongsam. Ada banyak pilihan busana lain yang bisa membuat tampilan tetap stylish. Salah satunya dengan menggunakan busana bernuansa tradisional.

Adalah desainer Tina Andrean, wanita yang telah berkecimpung di dunia mode selama 36 tahun itu sudah tiga tahun terakhir berjibaku dengan kain batik. Di tahun ketiganya, ia mulai merambah tenun Sumba tulis menjadi koleksi bernuansa oriental menyambut perayaan Imlek.

BACA JUGA:

7 Foto Ini Buktikan Drake Beragama Islam, Fakta atau Gosip?

Koleksi terkini bertajuk 'Nuansa Oriental Flair' itu disajikan dalam sekuen berbeda dengan berbagai pilihan busana untuk acara cocktail, semi formal, etnik, dan formal, yang cocok dikenakan pula untuk acara di luar perayaan Imlek. Tina Andrean memberi sentuhan permainan warna dan motif nan anggun dari material bahan sutera satin, sutera ATBM, satin katun, dan katun halus yang ditampilkan secara mewah.

"Oriental look yang saya tampilkan pada koleksi ini mudah digunakan dalam berbagai suasana. Jadi, bisa dipadupadankan agar bisa dikenakan untuk acara di luar Imlek," ujar Tina Andrean di Rumah Imam Bondjol, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa 9 Februari 2017.

Terdapat lima sekuen busana berbeda yang dihadirkan. Pertama oriental chic, berupa gaun-gaun cheongsam yang simpel dan chic dalam potongan sackdress berlengan pendek atau tanpa lengan dengan panjang rok sebatas lutut.

Berikutnya, Oriental Glamor yang ditandai dengan gaun berpotongan oriental dengan model potongan tangan 7/8 yang melebar. Sehingga tampil glamor bisa memberi keleluasaan dan kenyamanan dalam bergerak.

Oriental Sumba merupakan deretan gaun semi flair dalam pilihan motif unik Sumba nan menawan dan anggun. Oriental Elegant, gaun semi formal yang terdiri dari 2 pieces dalam potongan sackdress dan jaket pendek dengan model tangan 3/4.

Terakhir, Oriental Flair berupa gaun batik tulis dengan potongan jaket panjang dan sackdress yang memberi kesan mewah. Terbuat dari material sutera katun dan katun tulis cocok untuk dikenakan dalam acara formal.

 BACA JUGA:

Untuk Lauk Makan Ayam Goreng Saus Mayones atau Chicken Popcorn, Sama Enaknya

Nuansa Imlek memang kental dengan warna merah dan sentuhan gold. Kendati demikian, dalam koleksi terbaru Tina, ia tak melulu menampilkan warna merah. Melainkan terdapat sentuhan warna gelap dari penggunaan batik tulis dan tenun hingga warna terang, seperti merah muda. Tak lupa sentuhan detail gaya Imlek terlihat dari beberapa dress berkerah cheongsam.

"Nuansa oriental dalam busana ini mengarah ke style cutting pakaiannya. Misalnya, detail kerah cheongsam yang terlihat dari koleksi saya. Soal warna pun lebih bebas, warna oranye, hijau, cokelat, juga cocok dalam menyambut Imlek," papar istri dari hairstylist kenamaan Johny Andrean itu.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini