Kunyit Asam hingga Jamu Pahitan, Minuman Tradisional Rahasia Kecantikan Alami Wanita Indonesia

Pradita Ananda, Jurnalis · Sabtu 10 Februari 2018 09:01 WIB
https: img.okezone.com content 2018 02 09 194 1857336 kunyit-asam-hingga-jamu-pahitan-minuman-tradisional-rahasia-kecantikan-alami-wanita-indonesia-ILsFAyoqde.jpg Kunyit asam (Foto: Joyous Health)

BUKAN rahasia lagi, bahwa alam Indonesia banyak sekali menghasilkan komoditi yang sangat bermanfaat. Komoditi yang dimaksud adalah aneka tanaman tradisional, yang bisa diolah dimanfaatkan untuk menjadi minuman tradisional yang bukan cuma memberikan manfaat untuk kesehatan tubuh secara umum, tetapi juga kecantikan untuk wanita. Maka dari itu, sejak dulu minuman tradisional dengan wanita Indonesia erat kaitannya.

Sebut saja seperti minuman kunyit asam, beras kencur hingga sirih yang hadir dengan manfaatnya masing-masing, di mana minuman tradisional ini bisa dibilang memang telah jadi salah satu rahasia turun temurun kecantikan para wanita Indonesia. Jadi penasaran apa saja sih minuman tradisional yang jadi rahasia cantik alami wanita Indonesia? Dirangkum Okezone dari berbagai sumber, ini pemaparan singkatnya.

Kunyit asam 

Minuman kunyit asam bisa dibilang adalah salah satu minuman tradisional andalan wanita Indonesia agar punya penampilan yang cantik dan menarik. Kunyit dan asam hadir dengan sifat anti-inflamasi dan mengandung beberapa vitamin an nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Minuman satu ini diketahui dapat membantu untuk menghilangkan bau badan, menghaluskan kulit, menjaga berat badan, sampai jadi pencegah timbulnya aroma tidak sedap pada Miss V. Untuk membuatnya sendiri di rumah, mudah kok karena cukup dengan merebus kunyit dan asam, lalu campurkan dengan gula merah asli. Godok sampai sarinya terlihat berwarna kekuningan, lalu saring airnya sampai tidak ada ampasnya.

Kencur

Selain berguna untuk kesehatan tubuh seperti seperti menghangatkan badan, hingga pembersih tenggorokan, hingga penangkal radikal bebas yang merupakan salah satu penyebab terjadinya penuaan dini.

Minuman yang terbuat dari beras kencur ini bisa digunakan sebagai rahasia punya kulit awet muda loh! Untuk menggunakan kencur agar kulit awet muda, bisa dengan cara dikonsumsi sebagai minuman. Jika tidak tahan dengan rasa yang sedikit pahit, bisa tambahkan gula aren sebagai perasa. Untuk membuat minuman beras kencur, bahan-bahan yang dipakai adalah beras, air, kencur, jahe, daun pandan, kelabet, buah kapulaga, kemukus, gula jawa, dan garam secukupnya.

Jamu pahitan 

Wanita mana sih yang tidak mau punya kulit wajah yang cantik? Nah, jamu pahitan yang dibuat dari bahan alami yang bernama sambiloto, brotowali, widoro lau, dan adas ini diketahui memiliki manfaat untuk mencegah timbulnya jerawat dari dalam yaitu dengan cara membersihkan kotoran yang akan menyebabkan munculnya jerawat dari dalam tubuh. Selain itu jamu pahitan yang juga dikenal sebagai jamu pencuci darah ini juga punya kemampuan dapat mencerahkan kulit wajah.

Jamu bersih darah

Darah dalam tubuh yang kotor yang banyak mengandung karbondioksida pada tubuh, dapat menjadi penyebab timbulnya jerawat yang kehadirannya tentu menganggu penampilan bukan? Dengan membersihkan darah dari dalam tubuh dengan salah satunya meminum jamu bersih darah, maka permasalahan seperti jerawat bisa dihindari. Selain bisa membantu untuk mengusir jerawat, jamu bersih darah disebutkan juga dapat menghilangkan bercak-bercak alias noda hitam pada wajah yang juga timbul karena darah kotor dalam tubuh. Jamu bersih darah sendiri, biasanya dibuat dari temulawak, kunyit, temu ireng, daun sambiloto, daun ayang-ayangan, akar alang-alang, daun bidara laut, kulit kayu pulai, dan daun pegangan.

Jamu kunci sirih 

Jamu kunci sirih adalah salah satu minuman tradisional yang banyak dikonsumsi wanita Indonesia. Sirih memang erat kaitannya dengan kecantikan, sebab jamu kunci sirih bisa mengurangi keputihan, mengatasi masalah bau badan tidak sedap, hingga merapatkan organ kewanitaan. Untuk membuatnya, cukup dengan mencampurkan daun sirih dengan temu kunci dan gula merah. Bahan tradisional lainnya yang bisa juga ditambahkan adalah kunyit, kencur, jahe, kayu manis, kapulaga, asam jawa, serai, perasan jeruk nipis, serta gula merah.

Sinom

Sinom atau daun asam Jawa yang masih muda ini diketahui biasanya dikonsumsi setelah mengonsumsi jamu yang pahit. Minuman sinom ini terdiri dari sinom, temulawak, kunyit, kayu manis, dan kapulaga. Untuk kecantikan, minuman sinom ini bisa dijadikan sebagai minuman tradisional untuk membuat kulit wajah bebas jerawat dan bercahaya. Selain kemampuannya untuk membuat badan jadi segar dan membantu proses detoksifikasi tubuh.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini