nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mengejutkan! Berucap Kata Kasar Bisa Membuat Seseorang Lebih Sehat

Tiara Putri, Jurnalis · Jum'at 09 Februari 2018 22:12 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 02 09 196 1857443 mengejutkan-berucap-kata-kasar-bisa-membuat-seseorang-lebih-sehat-EFZidvPbuK.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

KEBIASAAN buruk ternyata tidak selamanya berdampak negatif. Sebut saja kebiasaan mengucapkan sumpah serapah. Sebagaimana diketahui, kebiasaan itu cenderung tidak disukai karena seseorang akan mengucapkan kata-kata kasar.

Tapi tahukah Anda, menurut sebuah penelitian menyumpah, mengumpat, atau apapun sebutannya sebenarnya membawa dampak positif bagi kesehatan. Melansir Health, Jumat (9/2/2018), seorang ilmuwan Emma Byrne, PhD mengungkapkan manfaat dari mengucapkan kata-kata kasar.

Mengumpat membuat seseorang mampu melewati batas dirinya

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di Keele University, Inggris, para ilmuwan mengungkapkan sebuah fakta di mana kata-kata kasar dapat membantu peserta penelitian lebih lama bertahan di air dingin. Ada teori yang menyatakan jika kata kasar dapat memicu respons "fight or flight" di dalam tubuh dimana detak jantung mengalami peningkatan dan tubuh memompa adrenain lebih banyak sehingga seseorang lebih toleran terhadap rasa sakit.

Kata-kata kasar membantu meredakan stres

Tak bisa dipungkiri beban kerja terkadang membuat seseorang merasa stres apapun profesinya. Sebuah penelitian mengatakan jika dalam keadaan penuh tekanan seseorang tidak mengucapkan kata-kata kasar maka kinerjanya akan turun dan tingkat stresnya lebih parah. Dengan demikian bisa dikatakan jika kata-kata kasar dapat membantu meningkatkan kinerja dan mengurangi stres.

Mengucapkan kata-kata kasar membuat seseorang lebih sehat

Menurut Emma, mengucapkan kata-kata kasar sangat membantu orang-orang yang memiliki penyakit kronis jangka panjang karena membantu memproses emosinya. Kata-kata kasar bisa membantu seseorang meluapkan emosi atau perasaan yang ia rasakan. Kebanyakan orang memang lebih memilih menutup diri jika divonis terkena penyakit tertentu. Hal itu tentu dapat memperburuk keadaannya.

Menyumpah membuat fisik seseorang lebih kuat ketika berolahraga

Setiap orang memiliki batasnya masing-masing ketika melakukan suatu jenis olahraga. Contoh, pada saat berlatih dan ingin mencoba angkat beban, berat yang bisa diterima masing-masing orang berbeda. Namun di sisi lain mereka ingin lebih berkembang dengan mengangkat beban yang lebih berat. Bila Anda termasuk dalam kategori seperti itu, cobalah menyumpah pada sata jari mencengkeram besi. Hal itu dapat merangsang kekuatan jari, tangan, dan lengan bawah untuk mengangkatnya.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini