nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Asal Muasal Munculnya Cendol Elizabeth yang Hits di Bandung

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Minggu 11 Februari 2018 16:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 02 09 298 1857276 asal-muasal-munculnya-cendol-elizabeth-yang-hits-di-bandung-1VtTTvKzyO.jpg Es Cendol Elizabeth (Foto: @kulinerbandung)

KOTA kembang Bandung, Jawa Barat, selalu punya cerita menarik untuk diulas. Kota ini seperti memiliki magnetnya tersendiri yang akhirnya membuat banyak wisatawan ingin berlama-lama di sana.

Ya, salah satunya karena udaranya yang sejuk dan suasana kota yang masih belum terlalu padat. Jadi, untuk menghabiskan waktu luang di sana, rasanya bakal terbayar kenikmatan dan segala masalah bisa terselesaikan.

Selain itu, makanan yang ada di Bandung pun tidak bisa dianggap biasa. Banyak makanan yang kemudian viral se-Indonesia berasal dari Bandung. Sebut saja minuman cendol Elizabeth yang sempat menjadi perbincangan banyak orang di mana-mana.

Lalu, seperti apa sih memangnya cendol Elizabeth tersebut?

Okezone coba mencari beberapa sumber yang menjelaskan mengenai minuma ini dan dari beberapa sumber itu menjelaskan bahwa Cendol Elizabeth adalah minuman yang wajib Anda icip ketika datang ke Bandung. Selain rasanya yang nikmat, sejarah di balik cendol itu sendiri pun menarik untuk dikulik.

Jadi, sejarah dari minuman ini adalan dulunya cendol ini dijajakan di depan sebuah rumah yang pemiliknya bernama Eli. Ruamh tersebut dihuni oleh keluarga keturunan Tiongkok yang berlokasi di Jalan Otto Iskandar Dinata (Otista) tepatnya di Jalan Inhoftank Nomor 64, Bandung, Jawa Barat.

Nah, Eli sendiri adalah pengrajin tas dan dia melabeli tas buatannya dengan nama Elizabeth. Dan karena sang penjual selalu mangkal di depan ruma tersebut, alhasil nama Cendol Elizabeth pun diilih dan kini nama tersebut sudah sangat tidak asing lagi bagi masyarakat Bandung dan sekitarnya.

Ada cerita menarik lainnya. Jadi, sang penjual Cendol Elizabeth, Rahman, pertama kali berjualan di sana pada 1978. Nah, berbarengan dengan brand Elizabeth muncul di Bandung. Karena gerobak cendol ini persis berada di depan rumah Eli, peremuan itu pun berinisiatif untuk menjual tasnya tepat berada di samping gerobak cendol milik Rahman.

Suatu ketika, ada pemnbeli tas Elizabeth yang datang. Saat memilih-milih tas, dahaganya pun terkuras. Alhasil, dia memesan cendol yang dijajakan di samping “toko” tas Elizabeth. Tapi, apa yang terjadi setelahnya, si pembeli malah mengira es cendol tersebut adalah bagian dari fasilitas yang didapat ketika Anda membeli tas Elizabeth.

Sontak, Rahman pun memberitahu si pembeli itu bahwa apa yang dia nikmati barusan itu tidak ada hubungannya dengan tas Elizabeth yang dia beli. Namun, si pembeli tetap ngotot dan Rahman pun tidak bisa berbuat apa-apa. Setelah pembeli itu pergi dari toko mereka berdua, Eli diketahui membayar kepada Rahman cendol yang dipesan pembeli tasnya.

Sementara itu, bicara mengenai es cendol Elizabeth itu sendiri, apa sih bedanya dari cendol lainnya?

Hal yang membedakan cendol ini dengan cendol lainnya ternyata terletak di bahan bakunya. Diketahui, cendol Elizabeth itu memastikan bahwa santan yang digunakan sangat kental dan dibuat dari kelapa yang kondisinya baik. Kemudian, untuk sagu yang dipakai, sang pembuat mendapatkannya langsung dari Kepulauan Riau.

Lalu, untuk gulanya berasal dari Cilacap, Jawa Tengah, pun juga pandan dan daun sujinya, Rahman mendapatkannya dari Ciparay dan Malalaya, Kabupaten Bandung. Jadi, dari bahan dasar yang baik, tentunya akan menghasilkan rasa cendol yang nikmat juga.

Penasaran pengin icip? Yuk weekend ini ke Bandung dan jajal langsung minuman legendaris ini!

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini