Image

5 Minuman Asli Indonesia Rasanya Mendunia, Sampai Dikenal Orang Bule!

Dewi Kania, Jurnalis · Sabtu 10 Februari 2018 00:03 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 02 09 298 1857375 5-minuman-asli-indonesia-rasanya-mendunia-sampai-dikenal-orang-bule-TdcpWcnkYU.jpg Jamu minuman tradisional yang dikenal sampai mancanegara (Foto: Youtube)

INDONESIA punya hasil bumi melimpah yang dikreasikan menjadi makanan dan minuman enak. Bahkan, ketenarannya sudah sangat mendunia. Setiap wisatawan asing yang melancong ke sini, pasti mengunggah foto-fotonya di media sosial.

Banyak minuman tradisional yang enak dan bikin ketagihan. Bahkan, saat berkunjung ke daerah asalnya, orang berburu minuman ini ke pedagang yang sudah menjualnya sampai legendaris.

Ada banyak jenis minuman asli Indonesia yang kenikmatan rasanya hingga dikenal oleh lidah bule-bule. Berikut ulasannya lebih lanjut, dirangkum dari berbagai sumber.

Es kelapa muda

Es kelapa muda dihasilkan dari pohon kelapa yang ditanam di pesisir pantai. Minuman ini mudah ditemui di mana saja. Tapi paling nikmat diminum sambil bersantai di pinggir pantai. Menikmati deburan ombaknya, duduk di pasir putih yang lembut dan minum es kelapa muda untuk melepas dahaga. Wah, segarnya! Jangan salah, orang bule yang berlibur ke Indonesia mencari minuman ini. Karena khasiatnya juga banyak dan menguntungkan bagi kesehatan.

(Foto: Foodspooting)

Es doger

Es doger dari Bandung juga sering dicicipi lidah bule. Minuman khas yang berisi tape ketan, alpukat kerok, nangka, cendol hijau, lalu berikan es serut rasa kelapa susu. Agar makin nikmat dan manis, ditambahkan sirup pandan. Minuman ini pasti mengusir dahaga di saat cuaca panas. Di beberapa kota besar, seperti Yogyakarta dan Surabaya minuman in gampang ditemui. Penjaja doger akan berkeliling mendorong gerobaknya yang kecil. Biasanya segelas es doger dibanderol harga kisaran Rp3 ribu-Rp10 ribu saja.

(Foto: Travelmatekamu)

Es dawet

Es dawet yang terbuat dari tepung beras dan dikasih daun suji untuk warna hijaunya. Di Pulau Jawa minuman ini terkenal sekali, Tali berbeda namanya. Di Tanah Sunda dikenal dengan es cendol, tapi serupa bentuknya dengan es dawet. Penyajiannya yakni cendol disiram dengan kuah santan dan sirup gula aren. Kemudian, ditambahkan es batu dan potongan nangka di atasnya. Rasanya cenderung gurih manis dan dawetnya lembut di mulut. Tak heran, minuman ini disukai lidah orang Barat yang melancong ke Indonesia.

(Foto: Youtube)

Arak Bali

Setiap ke Bali, orang Barat mencari arak. Minuman ini beralkohol tapi diproses dengan cara tradisional. Minum arak Bali dipercaya dapat menghangatkan badan dan mencegah flu. Karena bahan dasar dari arak sebenarnya yakni sulingan pohon nira atau aren. Tak sedikit pabrik arak di Bali yang malah jadi daya tarik wisatawan. Kalau ke Pulau Dewata, jangan lewatkan minuman ini, meski menenggaknya sedikit saja.

Jamu

Aneka jamu dari rempah-rempah seperti kunyit asam, beras kencur, temulawak, sinom, jahe, wedang uwuh juga minuman tradisional Indonesia yang mendunia. Khasiatnya dipercaya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Minuman ini bahkan hampir tidak ditemui di negara Barat. Apalagi di kota besar di Indonesia, penjual jamu gendong sudah sangat sulit ditemui, dan sangat disayangkan jamu enak sudah sulit dikonsumsi setiap hari. (hel)

(Foto: Shutterstock)

1 / 2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini