nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Yuk Lebih Mengenal Minuman Khas Betawi, Mulai dari Bir Pletok hingga Kembang Tahu

Annisa Amalia Ikhsania, Jurnalis · Sabtu 10 Februari 2018 19:00 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 02 09 298 1857451 yuk-lebih-mengenal-minuman-khas-betawi-mulai-dari-bir-pletok-hingga-kembang-tahu-zaumnYetcq.jpg Kembang tahu (Foto: Openrice)

BETAWI sebagai salah satu suku yang ada di Pulau Jawa memiliki kearifan budaya lokal nan melegenda. Bagi sebagian orang yang tinggal di wilayah Jakarta dan sekitarnya, tentu tak asing lagi dengan beberapa kekhasan dari Suku Betawi ini. Mulai dari adat istiadatnya hingga kuliner khasnya.

Minuman khas Betawi bisa dibilang cukup beragam dan cukup terkenal lantaran memiliki cita rasa dan keunikan tersendiri. Lantas, apa saja jenis minuman khas Betawi yang patut dicoba? Berikut beberapa di antaranya seperti dirangkum Okezone.

Bir pletok

Meskipun namanya bir tapi minuman tradisional khas Betawi ini tidak bikin mabuk karena tidak mengandung alkohol. Justru malah bikin badan jadi semakin segar. Warna merah kecokelatan bir pletok sangat menarik. Rasanya terbilang unik ada manis, hangat dan sedikit pedas, aromanya semerbak wangi.

Konon saat zaman penjajahan Belanda bir ini dibuat dari lada, jahe dan kayu secang. Kata 'bir' berasal dari bi'run yang artinya abyar atau sumber mata air. Sedangkan kata 'pletok' artinya ada tiga yaitu dibuat dari bambu, ditaruh diteko dan dikocok sehingga berbunyi pletok. Hasilnya, minuman ini berbuih di permukaannya. Tampilannya pun mirip bir asli!

Saat ini bir pletok terbuat dari rempah-rempah seperti, jahe, daun pandan dan serai direbus jadi satu, kalau ingin warnanya lebih menarik lagi tambahkan seduhan kayu secang. Hasilnya warna bir pletok jadi merah setelah dicampur kayu secang. Proses pembuatannya sekitar satu hingga dua jam.

Bir pletok juga punya banyak manfaat untuk kesehatan, salah satunya dapat memperlancar peredaran darah, mengatasi nyeri lambung dan memulihkan radang sendi. Sejak dulu orang Betawi minum bir ini saat malam hari sebagai minuman penghangat tubuh.

Selendang mayang

Es selendang mayang merupakan salah satu minuman khas Betawi yang sangat populer. Sayangnya, sudah sulit untuk menemukan penjual minuman tersebut. Es ini terbuat dari tepung beras yang dicampurkan dengan tepung sagu, lalu dibentuk menyerupai agar-agar. Minuman ini disajikan dengan kuah santan gurih dan es serut yang menyegarkan. Dinamakan selendang mayang, karena perpaduan warna putih santan dengan agar-agar terlihat seperti sebuah selendang.

Kembang Tahu

Jajanan khas Betawi ini dibuat dari endapan kedelai yang direbus lalu disiram dengan air jahe yang ditambahkan gula aren serta daun pandan. Air jahe yang wangi akan membuat perut terasa hangat dan menghilangkan masuk angin. Kembang tahu yang lembut akan membantu pencernaan karena mengandung banyak serat.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini