nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Terlihat Sama, Es Teler dan Es Oyen Memiliki Isian yang Berbeda

Tiara Putri, Jurnalis · Minggu 11 Februari 2018 10:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 02 09 298 1857458 terlihat-sama-es-teler-dan-es-oyen-memiliki-isian-yang-berbeda-SLkTBhg6jI.jpg Es Oyen (Foto: ejaphotosart/Instagram)

AKHIR pekan biasanya dimanfaatkan oleh sebagian orang untuk berjalan-jalan. Baik itu di sekitaran kota maupun luar kota.

Bagi masyarakat Jakarta, kota Bandung seringkali dijadikan tujuan untuk menghabiskan waktu di akhir pekan. Salah satu alasan kota tersebut sering dikunjungi karena ingin mencoba berbagai aneka kuliner. Ya, ibu kota Jawa Barat itu memang kaya akan makanan dan minuman.

Salah satu minuman yang mudah ditemui di Kota Kembang itu adalah es oyen dan es teler. Bila Anda pernah mencicipi keduanya, tentu Anda tahu jika minuman tersebut terlihat mirip. Walaupun begitu, keduanya memiliki perbedaan. Kali ini Okezone akan mengulas mengenai kedua minuman yang sangat menggiurkan jika diminum di siang hari.

 

(Foto: susi.shintawaty/Instagram)

Melansir berbagai sumber, Minggu (11/2/2018), perbedaan keduanya terletak pada isian di dalamnya. Sebagaimana diketahui, es teler merupakan minuman yang terbuat dari santan, gula cair, dan aneka buah seperti kelapa muda, durian, serta nangka. Untuk membuat minuman ini, langkah pertama yang dilakukan adalah menyiapkan buah-buahan yang dipotong ukurannya menjadi lebih kecil.

Setelah buah-buahan telah siap, masukkan ke dalam wadah. Kemudian siapkan es serut dan letakkan di atas potongan buah. Bila sudah, kemudian siram santan dan gula cair di atas es serut. Terakhir, Anda bisa juga menambahkan susu kental manis. Tapi sebaiknya cara ini dipertimbangkan dua kali mengingat banyaknya kandungan gula yang nantinya akan diminum.

 

 (Foto: ejaphotosart/Instagram)

Sedangkan untuk es oyen isiannya bukan hanya sekadar buah namun juga bahan yang sering ditemukan dalam es campur yaitu mutiara sagu. Ciri khas lainnya adalah adanya agar-agar di dalam es oyen. Cara pembuatan es oyen pun sama dengan es campur.

Jika Anda ingin membuat es oyen, langkah pertama yang harus dilakukan adalah memotong buah ke ukuran yang lebih kecil. Masukkan buah ke wadah dan selanjutnya siapkan es serut. Setelah selesai, tuanglah santan di atas es serut. Satu lagi yang membedakan es oyen dengan es teler adalah campuran sirup coco pandan. Campuran sirup itu membuat warna es oyen menjadi merah muda. Sementara itu, es teler biasanya berwarna putih.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini