nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mengenal Lebih Jauh Minuman Khas Pontianak, Es Nona dan Es Lidah Buaya

Tiara Putri, Jurnalis · Minggu 11 Februari 2018 17:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 02 09 298 1857462 mengenal-lebih-jauh-minuman-khas-pontianak-es-nona-dan-es-lidah-buaya-JEpPVYS9Md.jpg Es Nona khas Pontianak (Foto: nini_yong/Instagram)

BILA Anda dalam waktu dekat berencana mengunjungi kota Pontianak, jangan lupa untuk mencicipi wisata kulinernya termasuk minuman. Di ibu kota Kalimantan Barat itu ada dua minuman yang cukup populer yaitu Es Nona dan Es Lidah Buaya.

Sepintas memang kedua minuman tersebut terlihat mirip dengan berbagai minuman di daerah lain. Tapi tetap saja, yang namanya minuman khas tentu ada ciri istimewa. Okezone telah merangkum dari berbagai sumber untuk menjelaskan perbedaanya. Yuk, disimak ulasannya.

Es Nona

Minuman yang satu ini merupakan minuman legendaris di Pontianak. Bila diperhatikan, es nona ini mirip dengan es doger, hanya saja isinya berbeda. Di minuman ini, Anda akan menemukan potongan atau manisan pepaya, kacang merah, dan tape. Ada pula pedagang yang menambahkan sagu mutiara, kolang-kaling, dan potongan nangka.

(Foto: nini_yong/Instagram)

Setelah semua isian dimasukkan dalam gelas atau mangkuk, diatasnya akan ditambahkan dengan es serut berwarna merah muda dan diberi tambahan susu kental manis. Es serut yang digunakan berbeda dengan es doger. Bila es doger menggunakan santan, es nona menggunakan air kapur sirih sehingga es serutnya lebih renyah.

Alasan minuman ini dinamakan es nona memang belum diketahui secara pasti, banyak versi yang menceritakannya. Ada yang bilang racikan minuman terinspirasi dari sifat perempuan yang manis dan lembut. Ada pula yang mengatakan jika dulunya minuman ini dijual oleh seorang gadis yang akrab disapa 'nona' sehingga panggilannya berubah menjadi es nona.

Es Lidah Buaya

Walaupun minuman ini bisa dengan mudah dibuat oleh siapa saja, akan tetapi di Pontianak es lidah buaya menjadi favorit masyarakat sekitar. Pedagang minuman ini dapat dengan mudah ditemukan di pinggir jalan, restoran, maupun kafe. Selain menjual dalam bentuk minuman, ada pula yang menjual lidah buaya dalam bentuk batang atau sudah dikupas. Mungkin karena cara pembuatannya yang sederhana.

(Foto: miss_pietrie/Instagram)

Untuk membuat es lidah buaya cara pertama yang harus dilakukan adalah mendiamkan batang lidah buaya yang belum dikupas. Anda bisa meletakkannya di tempat yang aman selama satu malam. Tujuannya adalah untuk mengurangi kadar getah di batang. Kemudian kupas batang lidah buaya dan ambil bagian dalamnya atau daging.

Setelah berhasil, potonglah daging lidah buaya menjadi bentuk dadu dan rendam dalam air garam untuk beberapa saat guna menghilangkan rasa gatal. Selanjutnya rebus potongan daging lidah buaya dengan gula batu. Jika sudah selesai, masukkan ke gelas. Tunggu sebentar hingga suhu airnya lebih rendah dan kemudian tambahkan es batu. Untuk menambah kesegaran, Anda bisa memasukkan perasan jeruk lemon.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini