6 Bahan Makanan yang Sebaiknya Tidak Dikonsumsi Mentah

Pradita Ananda, Jurnalis · Sabtu 10 Februari 2018 08:21 WIB
https: img.okezone.com content 2018 02 10 298 1857514 6-bahan-makanan-yang-sebaiknya-tidak-dikonsumsi-mentah-rU80jj1wfU.jpg

SELAIN diolah dengan cara dimasak, berbagai bahan makanan memang ada yang bisa dikonsumsi langsung alias dimakan mentah.

Namun, tentunya kita harus berhati-hati jangan sampai salah kaprah memilih produk makanan mana yang bisa dimakan langsung dan mana yang tidak. Sebab, memang ada berbagai jenis bahan makanan yang memang harus dimasak. Selain untuk membunuh bakteri, juga agar bisa memberikan manfaat baik untuk kesehatan tubuh.

Maka dari itu, melansir Ndtv, Sabtu (10/2/2017) berikut Okezone ulaskan, apa saja bahan makanan yang seharusnya tidak dimakan mentah-mentah.

1.Kentang

Kentang jadi salah satu sayuran yang tidak boleh dimakan mentah. Salah satu alasan utamanya karena kentang tumbuh di bawah tanah dan terpapar zat beracun jauh lebih tinggi daripada sayuran lainnya.

Selain itu, kentang juga diketahui memiliki kandungan pati tinggi yang sulit dicerna. Dengan dimasak, maka pati yang susah ini bisa sedikit lebih mudah dicerna perut.

2. Bayam

Bayam atau sayuran berdaun hijau lainnya yang tumbuh di alam liar disebutkan memiliki kemungkinan mengandung serangga dan bakteri yang bisa sangat berbahaya bagi tubuh. Maka dari itu, disarankan lebih baik untuk diolah terlebih dahulu dengan cara direbus atau ditumis, daripada memakannya mentah-mentah. Selain itu, disebutkan sayuran bayam yang dimasak dapat meningkatkan kandungan antioksidannya sehingga lebih sehat untuk dikonsumsi.

3. Tomat

Buah yang digadang-gadang sebagai salah satu varian buah terbaik ini lebih baik dikonsumsi setelah dimasak ketimbang dimakan langsung mentah-mentah. Sebab, dikatakan bahwa lycopene (zat nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh) yang hadir dalam tomat, jika tomat dimasak dapat dengan mudah diserap tubuh dibandingkan jika dimakan mentah.

4. Wortel

Sama seperti kentang, wortel juga tumbuh di bawah tanah sehingga memiliki peluang terdapat zat beracun di dalamnya.

Disebutkan lebih lanjut wortel yang dimasak bisa lebih banyak melepaskan beta karoten, antioksidan yang bisa diubah menjadi vitamin A di tubuh kita. Di mana vitamin ini bermanfaat bagi mata dan sistem kekebalan tubuh.

5. Jamur

Jamur umumnya memang dimakan mentah, namun jamur memiliki dinding sel yang sulit yang membuat mereka sulit dicerna. Dengan dimasak, tidak hanya dapat membuat dinding sel yang sulit ini tetapi juga sekaligus bisa melepaskan semua nutrisi yang dikandungnya, yang kemungkinan ada di dalamnya seperti protein, vitamin B dan mineral.

6. Kembang kol

Kembang kol memang tidak aneh jika dimakan mentah, tapi mengonsumsi kembang kol dalam keadaan mentah membuat kembang kol jadi susah dicerna. Tidak berbeda dengan sayuran lainnya, dengan dimasak maka kembang kol bisa melepaskan berbagai nutrisi yang baik untuk kesehatan, salah satunya enzim pembersih hati.

(Baca Juga: Lebih Sehat, 5 Makanan Ini Sebaiknya Dimakan Mentah)

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini