nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sarsaparila, Soda van Indonesie Favorit Para Bangsawan Jawa

Annisa Aprilia, Jurnalis · Minggu 11 Februari 2018 19:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 02 10 298 1857751 sarsaparila-soda-van-indonesie-favorit-para-bangsawan-jawa-Sm94azWFEA.jpg Sarsaparilla yang dikemas secara mdoern (Foto: Utami/Okezone)

SARSAPARILA, meskipun namanya cukup sulit diucapkan, minuman ini termasuk minuman tradisional Indonesia. Minuman yang sekarang juga dikemas oleh salah satu merek dagang ternama tersebut dan dicampur dengan root beer, ternyata aslinya berasal dari Yogyakarta dan juga dibuat di daerah yang terkenal dengan sebutan Kota Pelajar itu.

Minuman yang berwarna ungu kecoklatan khas Yogya ini, pabriknya juga bisa ditemukan di Jalan Pandega Marta 100, Yogyakarta. Sarsaparila sebenarnya merupakan sebuah minuman tradisional berupa limun, yang menjadi favorit kaum bangsawan Yogya di masa lalu, tepatnya zaman penjajahan Belanda.

 (Baca Juga: Yuk Lebih Mengenal Minuman Khas Betawi, Mulai dari Bir Pletok hingga Kembang Tahu)

Meskipun dulunya sarsaparilla merupakan minuman kaum bangsawan, tapi kepopulerannya sekarang bersaing dengan minuman-minuman modern, dan kopi-kopi kekinian yang sedang naik daun. Limun sarsaparila dikemas dalam sebuah botol yang pada bagian tutupnya diberi pengait lagi, sehingga tampak unik dan khas. Selain itu, desain cap atau logo minuman sangat sederhana dan tampak kuno, jadi kian menunjukkan minuman tradisional ini sudah ada sejak dahulu kala.

 

Tidak cukup sampai di situ, keunggulan sarsaparilla tradisional tidak hanya dari sisi sejarahnya saja, tapi juga minumannya dibuat tanpa bahan pengawet, sehingga tidak membahayakan tubuh penikmatnya. Di sela-sela sulitnya bersaing dengan minuman modern, beruntung sarsaparilla masih bisa sedikit bernapas di tengah himpitan persaingan, karena anak muda yang penasaran dan ingin mencicipi biasanya akan mencari sarsaparilla ke warung-warung tradisional atau bisa langsung datang ke pabriknya.

  (Baca Juga: Brem, Minuman Selamat Datang Khas Bali)

Oleh karena sudah ada di Indonesia sejak zaman penjajahan Belanda dan cukup berumur, maka sarsaparilla juga memiliki julukan lainnya. Minuman tradisional khas Yogya itu juga disebut soda van Indonesie oleh para penikmatnya. Sarsaparilla pun bisa dibilang minuman tradisional herbal, karena terbuat dari tanaman sarsaparilla, namun berkarbonasi atau bersoda.

Tidak ada catatan sejarah yang pasti terkait dengan minuman botol sarsaparilla, tapi dari informasi yang berhasil Okezone rangkum dari berbagai sumber, minuman sarsaparilla dibawa oleh para pedagang VOC yang sedang menduduki Pulau Jawa. Meskipun sekarang cukup sulit mendapatkan minuman sarsaparilla, karena pabriknya kian berkurang, harga satu botol sarsaparilla cukup terjangkau, hanya sekira Rp18 ribu saja.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini