nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Main ke Pemalang, Singgahlah ke Pantai Kaliprau

Agregasi Sindonews.com, Jurnalis · Sabtu 10 Februari 2018 14:33 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 02 10 406 1857604 main-ke-pemalang-singgahlah-ke-pantai-kaliprau-umYff99Wir.jpg Pantai Kaliprau (Suryono/iNews)

PEMALANG - Keindahan dan kondisi masih alami membuat Pantai Kaliprau di Kecamatan Ulujami, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah, ini menjadi daya tarik tersendiri. Di sepanjang pantai, berjajar pohon cemara laut yang membuat kondisi pantai ini jadi sejuk dan nyaman .

Pasir pantai dengan ombak dari Laut Jawa yang tak begitu tinggi, membuat wisatawan bisa bersenang-senang. Pengunjung bisa menikmati keindahan pantai dengan main pasir, mandi di laut serta bermain di pinggir pantai.

Sekitar pantai juga terdapat lahan kebun melati ratusan hektare luasnya serta hutan bakau atau mangrove. Pengunjung bisa menikmati kebun sambil memetik langsung bunga harum yang khas ini saat tengah bermekaran. Jika ingin membawa pulang hasil petikan melatinya, pengunjung harus membayar Rp15.000 per setengah kilogram. Selain itu, bisa juga menikmati keindahan hutan mangrove dengan perahu atau pun berjalan kaki.

“Pantai ini sangat indah dan sangat menyenangkan untuk berlibur bersama keluarga. Lokasi masih alami, sejuk dan eksotis namun jalan masih kurang lebar dan beberapa agak rusak sehingga perlu perbaikan,” ujar Lusiana, seorang wisatawan lokal.

Casroni, kepala desa Kaliprau, menyebutkan pantai kali terus diupayakan pengembangannya agar bisa lebih dikenal. Di lokasi ini juga disediakan saranan untuk bermain anak, wisata edukasi dan belajar melestarikan lingkungan.

“Untuk lebih mengenalkan tempat wisata ini juga sering diadakan berbagai kegiatan, agar bisa menghibur wisatawan dan menambah kemeriahan. Seperti pameran produk ukm masyarakat sekitar, festival makanan tradisional, pentas kesenian, juga berbagai acara menarik lainnya,” ujar Casroni.

Bupati Pemalang Junaedi menyebutkan bahwa pengembangan obyek wisata akan terus didukung dan diharapkan bisa semakin baik. “Kami akan terus akan mempubilkasikan dengan berbagai cara agar kabupaten Pemalang dengan berbagai wisata mulai dari pantai hingga gunung serta pemandangan alam nan asri bisa lebih dikenal dan dikunjungi,” tutur Junaedi.

Kondisi pantai yang masih bersih membuat pengunjung betah. Selain itu fasilitas seperti warung, makanan minuman banyak tersaji. Sarana penunjang seperti kamar kecil, tempat istirahat dan tempat bermain masih sangat luas.

Jika akan menikmati liburan atau berwisata bisa mencoba lokasi ini. Tiket masuknya pun tergolong murah, yaitu hanya Rp5.000 per orang. Lokasi ini mudah dijangkau hanya berjarak sekitar 3 km dari jalan pantura Ulujami Pemalang dengan kondisi jalan cukup mudah serta teduh karena kanan kiri banyak ditanami bakau serta cemara.

(ris)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini