nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Asam Pedasnya Asompode Ikan Mas Mandailing yang Bikin Ketagihan

Liansah Rangkuti, Jurnalis · Minggu 11 Februari 2018 18:22 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 02 11 298 1857996 asam-pedasnya-asompode-ikan-mas-mandailing-yang-bikin-ketagihan-4BwKHSLCSa.jpg Asompode ikan mas khas Mandailing Natal (Foto:Lian)

RASA Asam pedas menjadi ciri khas masakan Asompode Ikan Mas Mandailing Natal (Madina), Sumatera Utara (Sumut).

Asompode adalah bahasa yang dipadu dari dua daerah yakni, Mandailing dan Minang. Asom adalah asam dalam bahasa Mandailing, sedangkan kata pode (padiah), itu berasal dari Minang yang artinya pedas.

Dari perpaduan 2 kalimat bahasa yang berbeda itu menjadi nama masakan yang menjadi Khas di daerah Mandailing Natal. Bahkan masakan Asompode ikan Mas sangat mudah didapatkan di setiap warung nasi di daerah Kabupaten Madina Sumut.

BACA JUGA:

Lupakan Bentuk Hati, Jelang Valentine Cokelat 'Bola Mata' Laris Dibeli

Gulai Asompode yang dimasak dengan air dan bahan-bahan yang alami tanpa menggunakan santan kelapa.

Kalau Anda mau berkunjung ke Kabupaten Madina, makanan yang satu ini termasuk dalam daftar wisata kulinerĀ  selama di sana.

Seperti yang ada di warung nasi bang Juhri Rangkuti (27), tepatnya di Desa Laru Kecamatan Tambangan, Kabupate Madina, Sumut.

Jadi tak heran kalau warung nasi Bang Juhri itu selalu ramai pelanggannya dan terkenal karena di situ terdapat jenis makanan yang selalu membuat orang ketagihan termasuk salah satunya yang Khas adalah Asampode ikan mas.

"Setiap hari libur seperti hari minggu, warung saya selalu rame dikunjungi karnanya disini ada yang khas atau gulai Asompode Mandailing," kata Bang Juhri kepada Okezone, Minggu (11/02/2018).

Asampode adalah gulai yang berbeda cara pembuatannya dengan gulai yang lainnya dan memiliki rasa asam dan pedas pada gulai tersebut.

Secara garis besar, bahan yang digunakan pada Asompode beda dengan gulai yang lain. Karena asompode tidak perlu menggunakan bahan - bahan berupa santan, cukup menggunakan air saja dan bahan-bahan alami lainnya.

BACA JUGA:

Bagel Raksasa Seberat 96 Kg Ini Bakal Cetak Rekor Dunia?

Seperti, air, garam, sheray, lengkuas, daun kunyit, kunyit, jeruk nipis/sejenisnya, cabe merah, daun salam dan sedikit jahe serta di tambah irisan bawang merah dan putih.

Memang sebelum gule Asimpode Ikan Mas yang menjadi Khas di Mandailing Natal. Ada ikan garing atau ikan merah yang ada di Sungai Batang Gadis di Mandailing Natal.

"Sebenarnya Asompode ikan mas yang khas di Mandailing setelah ikan garing atau ikan merah ikan yang kini sudah langka dan susah didapatkan di Madina ini," tuturnya.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini