Share

6 Cara Menyimpan Lemon agar Segarnya Tahan Lama

Pradita Ananda, Okezone · Minggu 11 Februari 2018 20:09 WIB
https: img.okezone.com content 2018 02 11 298 1858004 6-cara-menyimpan-lemon-agar-segarnya-tahan-lama-AopPUNcLWf.jpg Cara simpan lemon (Foto:Shutterstock)

SUDAH banyak diketahui orang bahwa mengonsumsi buah lemon banyak memberikan manfaat kesehatan untuk tubuh.

Namun sayangnya, tidak banyak yang memahami bagaimana cara menyimpan buah lemon yang tepat di rumah. Di mana, mengetahui cara yang tepat untuk menyimpan lemon di rumah agar lebih tahan lama ini tentunya penting diketahui, agar tumpukan buah lemon di rumah tidak terbuang sia-sia tentunya.

Lalu cara seperti apa yang bisa dilakukan agar bisa menambah umur lemon agar lebih awet segar tahan lama? Melansir Ndtv, Minggu (11/2/2018) berikut di bawah ini ulasannya.

 BACA JUGA:

Lupakan Bentuk Hati, Jelang Valentine Cokelat 'Bola Mata' Laris Dibeli

 

1. Kemasan zip-lock :

Ketimbang wadah penyimpanan biasa, mengandalkan wadah zip-lock disebutkan jadi cara yang lebih baik. Dalam menyimpan lemon di kantung zip-lock, keluarkan udara sebanyak mungkin. Cara ini disebutkan akan membuat lemon dapat menyimpan air perasan dan rasanya selama kurang lebih hingga 4 minggu lamanya.

 

2. Bungkus plastik :

Jika hanya menggunakan buah lemon di sebelah satu sisinya saja, lalu ingin menyimpan sebelahnya lagi. Pastikan sisa lemon ini disimpan dengan cara diletakan di dalam wadah piring kecil lalu dibungkus dengan plastik wrap, masukkan ke dalam wadah yang ditutup rapat (air-tight container) baru masukkan ke dalam lemari pendingin.

3. Jangan disimpan di suhu ruangan :

Trik jangan menyimpan lemon di suhu ruangan ini berlaku pada air jus lemon. Walau memiliki konten acidic, jus lemon memiliki tendensi untuk bisa membuat bakteri menjadi tumbuh berkembang jika disimpan di suhu ruangan. Hindari menyimpan jus lemon di botol kaca, sebaliknya simpanlah air jus lemon di dalam wadah kontainer plastik atau kontainer kaca yang tidak transparan. Dengan ini air jus lemon bisa disimpan selama 2-3 hari di dalam kulkas.

 

4.Gunakan ice-tray :

Salah satu cara terbaik untuk menyimpan air jus lemon adalah disebutkan dengan cara memeras airnya dari buahnya langsung, ke wadah ice-tray lalu biarkan mengeras membeku di dalam freezer. Trik ini membuat air lemon bisa digunakan untuk apa saja tanpa harus tamut untuk kehilangan cita rasa aslinya.

BACA JUGA:

Mengenal Lebih Jauh Minuman Khas Pontianak, Es Nona dan Es Lidah...

5. Simpan dengan air :

Menyimpan lemon dengan air di sini maksudnya ialah dengan trik kecil, menyimpan buah lemon di dalam wadah toples kaca yang sebelumnya telah berisikan air. Setelah itu, barulah simpan di lemari pendingin.

 

6. Hindari disimpan dengan buah lain :

Tahukah Anda bahwa lemon itu sensitif terhadap ethylene, yang diketahui adalah hormon yang membuat matang (hormon pematangan) yang menyebabkan buah menjadi busuk. Maka dari itu, hindarkan menyimpan buah lemon bersamaan dengan buah-buahan seperti aprikot, apel, dan pisang.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini