Cobain Tartee Flambee, Pizza Kotak ala Strasbourg Prancis

Dada Sathilla, Jurnalis · Senin 12 Februari 2018 07:33 WIB
https: img.okezone.com content 2018 02 11 298 1858055 cobain-tartee-flambee-pizza-kotak-ala-strasbourg-prancis-5YEJTHh8yA.jpg

LETAK kota Strasbourg yang berada di perbatasan Jerman dan Prancis membuat kuliner kota ini mendapat pengaruh dari kedua negara Eropa barat ini.

Salah satu kuliner Strasbourg yang paling terkenal adalah Tarte Flambee, yang mirip pizza tapi berbentuk kotak. Hangatnya tarte flambee yang baru selesai dipanggang cocok dijadikan santapan saat udara dingin.

Bukan tanpa alasan bila tarte flambe disebut sebagai pizza kotak karena makanan khas Strasboug ini terlihat seperti pizza. Bahkan cara memasaknya pun mirip dengan cara membuat pizza.

Tarte flambee adalah roti tipis yang ditaburi fromage blanc, yaitu sejenis keju segar berwarna putih yang rasanya asam; krim segar, bawang bombay yang diiris tipis, serta daging babi asap. Bisa juga ditambah dengan jamur yang diiris tipis.

Roti beserta toppingnya kemudian dipanggang di oven selama 1-2 menit. Pinggiran roti yang ikut terkena api membuat pinggiran tarte flambee jadi tipis dan terasa renyah. Rasa tarte flambee sendiri seperti persilangan antara kue tart yang gurih dengan pizza. Pinggiran tarte flambee yang renyah berpadu dengan rasa asam dari krim dan keju serta gurihnya daging serta jamur. Hmm yummy ....

(Baca Juga: Bolehkah Sarapan dengan Pizza Saja? Ini Kata Ahli Makanan)

Rasa tarte flambee juga mencerminkan perpaduan kuliner Jerman dan Prancis. Hal ini karena kota Strasbourg yang berada di wilayah Alsace terletak di perbatasan Jerman-Prancis, serta berulang kali menjadi bagian kedua negara hingga akhirnya jatuh ke tangan Prancis setelah Jerman kalah pada perang dunia kedua.

(Baca Juga: Pizza Bertabur Emas 24K Sampai Caviar Langka yang Harganya Bikin Kantong Jebol! Satu Loyang Ada yang Rp133 Juta Bro!)

Tarte flambee juga bisa ditemukan di kota lain di sekitar perbatasan Prancis - Jerman. Tapi namanya akan berubah menjadi flammkuchen di Jerman. Sedang di Prancis pizza kotak ini tetap disebut tarte flambee.

(Baca Juga: Sudah Tahu Belum? Terungkap Ini 5 Fakta Menarik Seputar Pizza!)

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini