nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Golden Coin hingga Spring Glow, Persembahan Ivan Gunawan, Hengki Kawilarang dan Rudy Chandra di Satu Panggung Golden Glam

Pradita Ananda, Jurnalis · Senin 12 Februari 2018 07:51 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 02 12 194 1858133 golden-coin-hingga-spring-glow-persembahan-ivan-gunawan-hengki-kawilarang-dan-rudy-chandra-di-satu-panggung-golden-glam-FGuDcHxEbf.JPG Ivan Gunawan (Foto: Kiki/Okezone)

DUNIA seni kreatif, salah satunya dunia fashion memang bersifat sangat dinamis. Di mana ini artinya, fashion sebagai salah satu bidang seni bisa dikolaborasikan dengan bidang seni lainnya dalam satu panggung.

Seperti dalam gelaran fashion show musical yang dihelat oleh Emporium Pluit Mall hari ini, Minggu, 11 Februari 2018. Tahun ini, untuk ketiga kalinya, mall satu ini menggelar acara fashion show yang dikombinasikan dengan panggung musikal.

Dari ranah industri fashion, hari ini diketahui tiga orang desainer top Tanah Air yakni Ivan Gunawan, Rudy Chandra, dan Hengki Kawilarang menunjukkan sederet karya-karya rancangannya yang menawan.

Rudy Chandra yang menampilkan 10 koleksi rancangannya dengan tema "Spring Glow" yang diwujudkan dalam setelan ready to wear berwarna merah yang didominasi oleh aksen embroidery sebagai aksen utama, yang hadir dalam cutting origami dengan rok lipit, setelan blus tanpa lengan, rok peplum, hingga cape yang megah dan elegan. Diwawancarai langsung Okezone, Rudy mengatakan untuk koleksi ini ia memang sengaja menonjolkan aksen embroidery.

"Tema kali ini saya usung Spring Glow, kurang lebih bermakna sebagai bunga-bunga yang bermekaran di musim semi di Jepang, ingin memperlihatkan kalau wanita itu selalu cantik bagaikan bunga-bunga di musim semi. Aksen utamanya memang embroidery bunga-bunga, ssbagai desainer Indonesia pengen menampilkan kita Indonesia itu banyak kok konten lokal lain yakni kerajinan embroidery. Tidak melulu tenun atau batik," papar Rudy kala ditemui Okezone, Minggu (11/2/2018) dalam acara "Golden Glow" di Emporium Mall, Pluit, Jakarta Utara.

Untuk material bahan, di koleksi rancangan yang dibuat dalam waktu 3 minggu saja ini. Rudy Chandra menjelaskan ia menggunakan berbagai material bahan, mulai dari satin, lace, tile, bulu-bulu, aplikasi brokat, hingga organza.

Sebagai tampilan sajian pamungkas, ada Ivan Gunawan yang menampilkan 15 koleksi Cheongsam Series bernaung di bawah konsep tema 'Golden Coin', yang di mana dengan koleksi ini ia sendiri berharap bisa melambangkan keberuntungan bagi semua. Diwujudkan dalam outfit berwujud mini dress, long dress, hingga gaun panjang dengan cape berekor panjang yang memberikan kesan mewah, dalam balutan dominasi warna emas dan beberapa kombinasi antara hitam dan emas.

Ditemui awak media setelah acara, Ivan menjelaskan khusus untuk 15 koleksi ini, ia mengaplikasikan teknik pembuatan busana yang baru, yakni plits.

"Koleksi ini totalnya 15 koleksi dipakai di 15 model, material bahan itu saya banyak menggunakan French lace, lalu pakai teknik baru yakni plits jadi brokat Prancis saya plits, kemudian pakai patchwork juga saya gunting-gunting sampai jadi pattern. Kerah sendiri masih model kerah Shanghai. Biddingnya pakai kristal, pakai mutiara dari gold juga. Jadi ya memang semua serba gold," ujar Ivan dalam kesempatan yang sama.

Walaupun koleksi rancangan Ivan kali ini terasa lebih spesial, namun Ivan menyebutkan dirinya cukup santai dalam pembuatan belasan koleksi ini.

"Total pengerjaan dari sketsa ke finishing, 1 bulan. Santai sih sebenarnya ngerjainnya," tandasnya. 

Sedangkan dari panggung musik, pagelaran busana malam tadi akan bertambah semarak dengan hadirnya dua diva terkenal, Rossa dan Titi DJ.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini