nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Camilan Manis Sehabis Makan, Bikin Pisang Nanas Caramel Yuk

Sindonews, Jurnalis · Senin 12 Februari 2018 12:45 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 02 12 298 1858236 camilan-manis-sehabis-makan-bikin-pisang-nanas-caramel-yuk-3giCJlGDLy.jpg Pisang karamel (Foto:Ilustrasi/Ist)

CAMILAN dengan sensasi rasa manis nampaknya sangat ditunggu oleh anak dan keluarga. Anda hanya perlu sedikit berkreasi untuk membuat sesuatu yang manis, namun tetap sehat.

Anda pun bisa membuat olahan dengan memilih bahan pisang yang banyak disukai anak-anak, seperti Pisang Nanas Rasa Karamel. Berikut cara membuatnya:

BACA JUGA:

Lambang Kesuburan, Warga Vietnam Borong Pohon Kumquat Jelang...

Bahan-bahan:

6 bh Kulit Lumpia Besar

- 1 bh Pisang Raja

- 1/2 bh Nanas

- 100 gr Gula Pasir

- 1 bks Mayumi

- 700 ml Minyak Goreng

- 2 sdm Air

 

Cara membuat:

Potong pisang menjadi 2 bagian memanjang, potong nanas menjadi 4 bagian memanjang, sisihkan.

Ambil satu lembar kulit lumpia, isi dengan pisang atau nanas, lalu bubuhkan Mayumi di atasnya.

Gulung kulit lumpia dan rekatkan dengan sedikit air. Panaskan minyak goreng, masukkan lumpia isi pisang dan nanas. Taburi dengan gula pasir goreng hingga kuning kecoklatan dan gula menempel pada kulit lumpia, angkat, sajikan.

Tak perlu membuat sesuatu yang sulit, Anda dapat memanfaatkan bahan-bahan yang ada untuk membuat kue cokelat rasa karamel yang menggugah selera. Penasaran seperti apa cara membuatnya? Yuk, intip resep dari Taste.com.au berikut ini:


BACA JUGA:

6 Cara Menyimpan Lemon agar Segarnya Tahan Lama

Bahan-bahan:


100 gram  dark chocolate
125 gram mentega yang telah dicairkan
275 gram gula kastor
3 bh telur
150 gram tepung terigu
60 gram tepung  almond
25 gram  bubuk kakao
250 g susu coklat
125 ml krim kental

Saus karamael:


165 gram gula kastor
125 ml krim
1/2 sdt garam
250 ml Air

Cara membuat:


Panaskan oven sampai 180C. Olesi mentega loyang dan tambahkan kertas roti berukuran 20cm.

Kombinasikan dark coklat dan 250 ml air dalam panci kecil dengan api kecil. Masak, aduk, selama 5 menit atau sampai coklat mencair dan campurannya halus. Sisihkan untuk didinginkan.

Gunakan mixer listrik untuk mengolah  mentega dan gula dalam mangkuk sampai halus  dan lembut. Tambahkan  telur, 1 sekaligus, kocok dengan baik setelah penambahan masing-masing. Campurkan tepung, tepung almond dan bubuk kakao dalam mangkuk.

Tambahkan campuran tepung dan coklat ke dalam campuran mentega. Aduk sampai rata. Adonan kue yang telah jadi agar  dipanggang selama 45-50 menit atau sampai kecoklatan. Sisihkan  selama 30 menit untuk mendinginkannya.

Sementara, untuk membuat ganache, gabungkan coklat dan krim dalam mangkuk tahan panas di atas panci air mendidih. Usahakan jangan sampai mangkuk menyentuh air. Masak dan diaduk rata sampai coklat meleleh. Setelah itu, tutup dengan bungkus plastik dan letakkan di lemari es selama 30 menit atau sampai sedikit membeku.

Sementara kue sedang mendingin, buatlah saus karamel. Tempatkan gula dalam panci sedang di atas api sedang. Masak, aduk dengan sendok kayu, selama 5-7 menit atau sampai gula larut dan karamel. Angkat dari api. Dengan hati-hati dan perlahan tuangkan krimnya. Tambahkan garam. Sajikan.

1 / 2
GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini