nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cumi Isi Spesial, Sajian Menggoda Iman untuk Makan Malam

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Senin 12 Februari 2018 16:30 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 02 12 298 1858406 cumi-isi-spesial-sajian-menggoda-iman-untuk-makan-malam-hlf7l9Gake.jpg Cumi isi spesial (Foto: olgasphiec/Instagram)

SUPAYA suami dan si kecil semakin menyukai masakan rumah, mau tidak mau Anda harus terus berkreasi membuat berbagai hidangan lezat yang dapat memenuhi selera mereka. Jika akhir-akhir ini Anda selalu membuat olahan daging ayam dan sapi untuk menu makan malam, kenapa tidak coba membuat olahan seafood saja di rumah?

Tidak perlu pusing, Okezone telah merangkum resep lengkap membuat cumi isi spesial untuk menu makan malam Anda bersama keluarga. Dikutip dari buku 25 Resep Sajian Pasta Rendah Kalori Makin Lezat Tetap Langsing, karya Dapur Lolita, Senin (12/2/2018), berikut ulasan lengkapnya.

Bahan

2 kg cumi ukuran sedang

10 ml minyak sawit

15 siung bawang putih, haluskan

4 ruas jari jahe, cincang halus

 (Baca Juga: Camilan Manis Sehabis Makan, Bikin Pisang Nanas Caramel Yuk)

Bahan isian

10 siung bawang putih, cincang halus

2 ruas jari jahe, parut halus

1 bh bawang bombai, cincang halus

500 g kepala cumi-cumi, cincang kasar

500 g udang kupas, cincang kasar

1 sdt merica bubuk

2 sdm kecap asin

2 sdm kecap manis

100 ml putih telur

  (Baca Juga: Cobain Tartee Flambee, Pizza Kotak ala Strasbourg Prancis)

Saus

10 sdm kecap manis

3 sdm kecap asin

1 sdm sasu tiram

100 ml saus tomat

50 ml saus cabai

  (Baca Juga: Ayam Pedas Jamur Oriental & Sayur Labu Siam Bening untuk Sarapan)

Cara membuat

1. Bersihkan cumi, lepaskan kepalanya dan buang kulit arinya, buang tintanya, kemudian cuci sampai bersih, sisihkan;

2. Isi: panaskan minyak goreng dalam wajan. Tumis bawang putih dan jahe sampai harum. Masukkan bawang bombai aduk sampai layu, angkat. Campur seluruh bahan isi dan tumisan bawang bombai ke dalam mangkuk/wadah. Aduk rata;

3. Masukkan bahan isi ke dalam kantung plastik segitiga, semprotkan ke dalam badan cumi-cumi hingga penuh. Sematkan ujungnya dengan lidi, kemudian taruh dalam wadah tahan panas. Kukus selama kurang lebih 15 menit hingga cumi menggelembung, angkat, dinginkan. Panaskan kembali 1 sdm minyak goreng dalam wajan bersama margarin, masukkan bawang putih dan jahe, tumis hingga harum. Masukkan cumi-cumi isi lalu tuangi campuran saus. Aduk-aduk sebentar sampai rata dan mendidih, angkat;

4. Potong melintang cumi isi dengan panjang kurang lebih 2 cm, tusukkan ke tusukan sate tiga potong. Taruh ke dalam piring saji, siram dengan air perasan 2 buah jeruk limau.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini