nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Zaman Sekarang, Keluarga di Indonesia Lebih Suka Kunjungi Mal Setiap Akhir Pekan

Annisa Aprilia, Jurnalis · Senin 12 Februari 2018 19:14 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 02 12 406 1858509 zaman-sekarang-keluarga-di-indonesia-lebih-suka-kunjungi-mal-setiap-akhir-pekan-sjYioqY9E4.jpg Belanja (Foto: Pembrokemal)

BELANJA menjadi kegiatan yang setiap keluarga pasti melakukannya. Bagi keluarga yang tinggal di perkotaan, kegiatan belanja menjadi salah satu cara yang juga bisa dimanfaatkan untuk dihabiskan bersama.

Kegiatan sehari-hari yang padat membuat setiap anggota keluarga jarang memiliki waktu kebersamaan, sehingga banyak dari mereka yang memanfaatkan waktu belanja untuk dilakukan bersama. Untuk itu, zaman sekarang keluarga yang tinggal di perkotaan butuh pusat perbelanjaan yang dilengkapi dengan fungsi rekreasi.

 BACA JUGA:

10 Tahun Lalu Gadis Ini Tinggal Tulang Dibungkus Kulit, Kini Ia Cantik Berisi

Sebuah riset yang dilakukan USDA Foreign Agricultural Service yang berjudul Indonesia Retail Foods Update 2017 menemukan, supermarket atau hypermarket di Indonesia mengalami jam-jam tersibuk di akhir pekan. Ada sekira 35-45persen pelanggan yang berbelanja saat akhir pekan bersama keluarga mereka.

Tren berbelanja di akhir pekan yang mulai dilakukan oleh setiap keluarga di perkotaan, seperti Jakarta, terjadi karena pada hari-hari lainnya dihari kerja setiap anggota keluarga sibuk menjalani kegiatan masing-masing. Kegiatan tersebut, yakni orangtua bekerja, sementara anak-anak bersekolah dan kegiatan positif lainnya.

Selain tren berbelanja diakhir pekan bersama keluarga, tren lainnya terkait dengan keluarga dan belanja juga muncul. Tren tersebut ialah kebutuhan akan fungsi rekreasi di pusat perbelanjaan.

“Penting pergi ke pusat perbelanjaan yang punya fungsi rekreasi, karena anak-anak dan suami juga butuh hiburan dan memenuhi kebutuhannya sendiri. Jadi, ketika ke mal kita bisa sama-sama jalan, sambil beli kebutuhan masing-masing. Setelah itu, makan bareng, baru bayar belanjaan,” tutur Novita Angie, ketika membagikan pengalamannya sebagai ibu rumah tangga sekaligus publik figur.

Sebuah penelitian menunjukkan, fungsi rekreasi di pusat perbelanjaan memiliki peranan penting. Ada sekira 79 persen pelanggan atau pengunjung pusat perbelanjaan datang bersama keluarga. Hal tersebut terjadi karena ada dukungan juga dari tren mal yang bertumbuh di Jakarta.

Dengan adanya tren berbelanja yang baru itu juga, setiap anggota keluarga bisa melakukan dua kegiatan sekaligus, seperti berekreasi dan berbelanja bersama. Waktu yang diluangkan bersama oleh setiap anggota keluarga pun bisa membuat hubungan menjadi lebih dekat, hangat, dan harmonis.

BACA JUGA:

Rekomendasi Negara Destinasi Libur Tahun Baru Imlek 2018

“Karakter pelanggan sekarang mencari kegiatan belanja sekaligus memberikan pengalaman (shopping with experience), makanya kita menyajikan demo cooking, juga ada kerjasama dengan kedutaan besar untuk membeli daging dan mengolahnya berdasarkan saran ahli-ahli masak atau chef,” ucap Sintia Kolonas, CEO The Foodhall, ketika diwawancarai oleh awak media, Senin (12/2/2018).

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini