Minum Air dari Dispenser Bisa Bikin Anda Sakit, Kenapa?

Tiara Amalina, Jurnalis · Selasa 13 Februari 2018 09:00 WIB
https: img.okezone.com content 2018 02 12 481 1858568 minum-air-dari-dispenser-bisa-bikin-anda-sakit-kenapa-rEEB7I9jk5.jpg Ilustrasi (Foto: Timesofindia)

TAK bisa di pungkiri bahwa air adalah obat mujarab dalam kehidupan. Kesehatan seseorang sangat bergantung pada makanan bersih dan tingkat konsumsi air yang cukup. Jika seseorang kurang mengkonsumsi air, maka ia akan mengalami dehidrasi.

Tapi apa yang akan Anda lakukan ketika mengetahui bahwa air yang Anda konsumsi terlihat biasa saja dan menurut Anda bersih, mengandung banyak kuman dan bakteri? Menurut penjelasan yang dilansir dari Timesofindia, Selasa (13/02/2018) mengungkapkan bahwa air yang disediakan di kantor Anda mungkin saja terkontaminasi oleh kuman dan bakteri, karena:

1. Biasanya di rumah Anda mengandalkan air yang disaring dengan baik. Tetapi di tempat kerja, kita kadang mengabaikan kebersihan air yang kita konsumsi, karena Anda tidak tahu dari mana asal air tersebut dan berapa lama air tersebut sudah berada dalam dispenser.

2. Dispenser kantor biasanya menyediakan water cooler. Padahal mungkin saja tempat air minum tersebut tidak rutin dibersihkan, sehingga kuman akan berkembang biak. Menurut National Science Foundation International, dalam 1 inci persegi pendingin air ada 2.7 juta kuman yang dapat membuat Anda sakit!

3. Di beberapa perkantoran, ada yang menggunakan air ledeng sebagai air minum. Namun hal ini juga mengkhawatirkan, karena air keran hadir dalam bentuk TDS (Total Dissolved Solids) yang berisi padatan partikel logam, mineral, dan garam. Hal itu dapat mencemari air keran.

4. Banyak orang berpikiran air kemasan sama bersihnya seperti air yang disaring. Tapi faktanya, air botol juga memiliki 'sistem terbuka' yang membuatnya rentan terhadap kotoran udara, sehingga hal itu akan membuat Anda rentan terkontaminasi penyakit.

Jika kondisi air minum di kantor Anda belum tentu bersih dari kontaminasi kuman, bukan berarti Anda tidak perlu minum dan menahan rasa haus hingga mengalami dehidrasi. Sebaiknya Anda membawa air minum dari rumah atau cobalah minum air hangat ketika dikantor, karena dengan meminum air hangat akan mengurangi jumlah bakteri pada air.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini