Mona Ratuliu Bocorkan 5 Tips Beli Sepatu Nyaman untuk Anak Laki-Laki Berbadan Bongsor

Dewi Kania, Jurnalis · Selasa 13 Februari 2018 10:10 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 02 13 194 1858736 mona-ratuliu-bocorkan-5-tips-beli-sepatu-nyaman-untuk-anak-laki-laki-berbadan-bongsor-eaaJkAXwiV.png Mona Ratuliu dan Anak (Foto: Instagram)

Mommy, mencari sepatu untuk anak usia 8 tahun ke atas pasti membuat Anda bingung dalam menentukan ukurannya. Hal ini juga dialami Mona Ratuliu, aktris yang kini sibuk mengasuh ketiga anaknya yang mulai beranjak remaja.

Diakui Mona, hal tersulit saat belanja untuk anak-anaknya yakni dialami saat ingin membelikan sepatu untuk Barata Rahadian Nezar, anak keduanya. Wanita 36 tahun itu sering mengalami ketidakcocokan ketika membelikan sepatu untuk Raka, panggilan akrab putranya.

"Kalau saya cari sepatu buat Raka susah sekali. Apalagi dia sukanya sneakers tapi ukurannya nanggung. Raka umurnya 8 tahun, badannya bongsor, kalau beli sepatu pasti ukurannya buat laki-laki dewasa," ujarnya saat ditemui di Plaza Indonesia, Jakarta, belum lama ini.

Begitupun saat Mona ingin berbelanja pakaian untuk buah hatinya itu. Ukurannya pun tidak sesuai dengan usianya, karena Raka cenderung berbadan bongsor. Karena itu, Mona selalu menyiasati kesulitannya ketika membeli sepatu untuk anak laki satu-satunya itu. Tentu saat berbelanja, Raka pasti ikut supaya sepatu yang dibeli tidak salah ukuran dan modelnya pasti disukai.

"Juga kalau beli baju atau celana pasti ukurannya untuk anak 11-12 tahun. Kalau kurang, biasanya enggak muat," bebernya.

Di kesempatan ini, Mona pun tak pelit membagikan tips membeli sepatu untuk anak laki-laki seusia Raka. Okezone merangkumnya sebagai berikut yang ditulis Selasa (13/2/2018).

Perhatikan bahan sepatu

Anak laki-laki cenderung suka main di tempat yang kotor. Maka ketika ingin membeli sepatu, jangan pilih bahan kanvas yang susah dibersihkan. Setidaknya, Mona selalu membelikan sepatu dengan bahan karet atau jenis lain yang mudah dilap saat kotor.

"Raka paling tidak saya ajarkan untuk bersihkan sepatunya tinggal dilap kalau kotor. Kalau keseringan dicuci nanti malah sepatunya rusak," ujar Mona.

Pilih warna gelap

Begitu juga dengan warnanya saat membeli sepatu untuk anak laki-laki. Jangan pilih sepatu dengan warna yang terang, karena gampang kotor. Usahakan memilih warna gelap, seperti cokelat tua, hitam, biru tua, abu-abu dan lain sebagainya.

Cek ukuran sepatu setiap 6 bulan

Seringnya anak-anak mengeluh kesempitan saat memakai sepatu lamanya yang sudah 6 bulan. Karenanya, Mona mengingatkan kepada kaum ibu supaya Anda mengecek ukuran sepatu anak. Apalagi kalau mereka sudah mengeluh kesempitan, segera belikan yang baru dengan ukuran yang tepat. Kalau anak-anak terpaksa pakai sepatu kotor, yang ada tumbuh kembangnya jadi terganggu.

Ajak anak saat beli sepatu

Saat berniat untuk membelikan anak-anak sepatu baru, usahakan untuk mengajaknya ke toko. Ada beberapa toko yang mengukur terlebih dahulu ukuran kaki anak. Kemudian, bebaskan anak untuk memilih model sepatu favoritnya agar tak sia-sia.

Cari satu model yang bisa dipakai di momen apapun

Membeli sepatu jenisnya banyak sekali, ada yang cocok dipakai untuk ke sekolah, olahraga, atau sekalipun keluar rumah yang kasual. Kalau Mona, suka membelikan sepatu Raka dengan model sneakers. Sepatu ini nyaman dipakai dan modelnya tidak membosankan.

"Raka paling suka banget sneakers. Sepatu ini cocok dipakai main, olahraga, sekolah dan kegiatan lain yang dilakukan Raka," pungkasnya.

1 / 2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini