Image

Karya Kreatif Pemuda Indonesia Siap Unjuk Gigi di Festival SXSW Amerika Serikat 2018

Vessy Frizona, Jurnalis · Selasa 13 Februari 2018 17:54 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 02 13 194 1859060 karya-kreatif-pemuda-indonesia-siap-unjuk-gigi-di-festival-sxsw-amerika-serikat-2018-aC9oUJWO0D.jpg Karya kreatif pemuda siap tampil di Festival SXSW 2018 (Foto: Vessy/Okezone)

IDE dan karya kreatif pemuda Indonesia sudah saatnya disejajarkan dengan karya-karya pemuda dari penjuru dunia. Oleh sebab itu dukungan pemerintah sangat penting untuk memperkenalkan hasil karya kreatif pemuda tanah air ke level internasional.

Untuk mendukung hal tersebut, Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) kembali memperkenalkan sederet produk ekonomi kreatif dan talenta terbaik Indonesia melalui Pavilion Archipelageek di festival seni kreatif dan teknologi terbesar dunia, South by Southwest (SXSW) 2018 yang berlangsung dari 9-8 Maret 2018 di Austin, Texas, Amerika Serikat.

Sebagai lembaga pemerintah non-kementerian, Bekraf senantiasa memberi dukungan untuk mendukung para insan di industri kreatif dalam mencapai tujuan mereka. "South by Southwest (SXSW), didedikasikan untuk mendukung para insan muda di industri kreatif. Dalam kesempatan ini Bekraf kembali membawa sederet talenta terbaik Tanah Air untuk unjuk gigi memperkenalkan karya kreatifnya ke ajang bergengsi dunia," tutur Ricky Pesik selaku Wakil Kepala Bekraf dalam konferensi pers yang gelar di kawasan Sarinah, Jakarta Pusat, Selasa (13/2/2018).

Menambahkan pernyataan Ricky, Josua PM Simanjuntak selaku Deputi Pemasaran Bekraf berpesan agar para wakil Indonesia dapat memanfaatkan kesempatan ini secara maksimal. "Kami melihat antusiasme yang luar biasa dari para peserta sepanjang proses seleksi. Terlihat bahwa SXSW 2018 menjadi momen yang ditunggu sebab dapat menjadi acuan bagi para profesional untuk menunjukkan produk yang dimiliki sembari memperluas jaringan," ujar Josua.

Tahun ini, Bekraf akan membawa hasil karya kreatif dan ide dari pemuda Indonesia yang berasal dari tiga katergori, yaitu musik, film dan perusahaan star-up. Dengan begitu diharapkan nama Indonesia akan dikenal sebagai negara yang kaya kreativitas dan penuh talenta muda yang ingin membuat perubahan lewat teknologi dari ide dan gagasan kreatif mereka.

Nantinya akan ada enam perusahaan star-up, satu musisi, dua grup musik, dan satu organisasi penyelenggara festival film pendek. Mereka akan memamerkan produk serta talenta kreatif mereka melalui booths dan Pavilliun Archipelageek di Austin Convention Center pada 9-18 Mater 2018.

Sejalan dengan komitmen besar Bekraf, gelaran akbar SXSW 2018 ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman masyarakat dunia terhadap produk dan talenta kreatif Indonesia. Tak hanya itu, ajang ini bertujuan untuk menciptakan peluang lebih banyak lagi kepada para pelaku ekonomi kreatif Indonesia agar semakin siap memasuki pasar dunia yang lebih besar dan kompetitif. Dengan begitu, melalui kesempatan ini diharapkan dapat memberi manfaat besar bagi kemajuan ekosistem ekonomi kreatif tanah air di masa depan.

Enam perusahaan star-up karya anak muda Indonesia yang akan tampil di SXSW di antaranya, Kata.ai, Seruniaudio, Saft7robotics, Squline, Vertifarm, dan Mycotech. Seddangkan, dari kategori musisi yaitu Rich Brian, rapper Indonesia yang berdomisili di Los Angeles, kemudian band Efek Rumah Kaca, dan Kimokal, serta film diwakili oleh Miniko.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini