Image

Novita Angie Libatkan Anak Belanja Sambil Ajarkan Susun Skala Prioritas

Annisa Aprilia, Jurnalis · Selasa 13 Februari 2018 21:37 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 02 13 194 1859168 novita-angie-libatkan-anak-belanja-sambil-ajarkan-susun-skala-prioritas-s3YXaW6Vla.jpg Novita Angie (Foto: Instagram)

ANAK-anak dan remaja biasanya jadi masa yang sulit dikontrol saat belanja. Pasalnya, mereka kerap membeli apa saja sesuai yang diinginkan tanpa memikirkan kepentingannya.

Bisa dilihat ketika berbelanja ke supermarket, tidak sedikit anak-anak yang merengek pada orangtuanya meminta dibelikan makanan kecil, camilan, dan bahkan mainan saat berbelanja. Tapi, nyatanya tidak semua anak-anak dan remaja boros atau merengek ketika berbelanja di supermarket.

Contohnya saja anak-anak dari Novita Angie. Dua buah hatinya sudah diajarkan untuk memahami skala prioritas dan membuat daftar belanjaan ketika pergi ke supermarket. Ibu dua anak ini mengatakan sudah mengajarkan untuk memilih kebutuhan dan keinginan yang lebih penting saat belanja.

“Mereka sudah paham, mana yang sehat dan tidak, atau penting dan tidak, karena sudah dari kecil saya tanamkan hal-hal yang boleh dan tidak boleh untuk dilakukan. Jadi mereka sudah tahu, meski terkadang ada satu momen yang mereka ingin sesuatu namun tidak terlalu penting, tapi setelah saya tegur, mereka bisa mengerti,” cerita Novita Angie beberapa lalu di salah satu mall kawasan Jakarta.

Wanita yang memiliki suara khas ini juga menuturkan, biasa mengunjungi supermarket bisa dua hingga tiga kali dalam seminggu. Biasanya pula Angie mengajak anak-anak beserta suaminya ke supermarket pada akhir pekan.

“Kalau pergi ke supermarket mereka sudah tahu harus pergi ke rak mana, apa yang dibutuhkan dan harus dibeli. Malah bagusnya, kadang aku yang lupa di rumah masih ada persediaan camilan, mereka yang ingatkan ‘Mami, persediaannya masih ada di rumah,’ gitu loh,” lanjutnya.

Angie pun menceritakan, dia bersama anak-anak juga suaminya selalu membawa daftar belanjaan masing-masing, karena menurut Angie daftar tersebut penting agar tahu barang apa saja yang penting dibeli. Selain itu, juga bisa mengajarkan anak-anaknya menyusun benda-benda yang paling dibutuhkanlah untuk dibeli lebih dulu.

“Mereka selalu saya libatkan ketika saya belanja ke supermarket, karena aktivitas saya sebisa mungkin bersama anak-anak jika di luar bekerja. Dengan membuat catatan belanja menjadi salah satu cara mengajarkan anak dengan skala prioritas. Saya juga ada kebiasaan, setelah dari daftar skala prioritas sudah beres, saya tanya ‘Apa yang kamu inginkan?’ dan perlu apa. Jadi, misal dia mau snack, snack apa yang kamu ingini? Gitu sih,” tangkasnya.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini