nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Junk Food Bisa Berikan Manfaatkan Kesehatan, Asalkan...

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Selasa 13 Februari 2018 20:35 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 02 13 298 1859163 junk-food-bisa-berikan-manfaatkan-kesehatan-asalkan-P42G2tXjay.jpg Ilustrasi (Foto: Huffingtonpost)

PERNAHKAH Anda diganggu perasaan bersalah ketika menikmati camilan sore yang lezat, atau menyantap junk food (makanan cepat saji) di akhir pekan? Mendengar namanya saja mungkin yang terlintas di benak Anda adalah kandungan lemak dan gulanya yang sering dikaitkan sebagai pemicu obesitas.

Namun menurut seorang ahli gizi holistik asal Australia, Lee Holmes, sebetulnya setiap orang tidak perlu merasa bersalah ketika makan terlalu banyak, termasuk saat menikmati makanan cepat saji.

"Saya memang tidak merekomendasikan menyantap junk food setiap hari. Tapi hal tersebut bisa menjadi bagian dari gaya hidup Anda jika tidak dikontrol dengan baik. Sementara itu, mengonsumsi satu jenis makanan sehat saja tidak akan langsung membuat tubuh Anda sehat dan prima. Ini semua tentang keseimbangan," ujar Lee.

 (Baca Juga: Terungkap! Pria di Jepang Lebih Suka Dikasih Cokelat Buatan Pasangan, Bukan Beli di Toko!)

Dilansir dari DailyMail, Selasa (13/2/2018), berikut Okezone rangkumkan 5 manfaat kesehatan yang bisa Anda peroleh jika mengonsumsi junk food secara teratur dan termoderasi.

Cokelat

Meski cokelat mengandung gula dan kadar lemak yang sangat tinggi, makanan ini ternyata dapat melepaskan senyawa serotonin yang dapat meningkatkan mood dan menciptakan rasa bahagia. Selain itu, cokelat juga mengandung magnesium yang penting untuk menjaga kesehatan organ tubuh Anda.

"Namun, mengonsumsi terlalu banyak cokelat juga bukan hal yang baik. Konsumsilah dengan porsi yang wajar. Anda bisa menikmatinya dengat mengigit sedikit lempengan cokelat favorit, lalu biarkan beberapa saat hingga meleleh dengan sendirinya. Alternatif lainnya, Anda bisa mengonsumsi dark chocolate yang mengandung banyak antioksidan dengan cita rasa yang tak kalah lezatnya," tutur Lee.

Es krim

"Jika Anda ingin memperkuat tulang dan gigi, tentu diperlukan asupan kalsium yang pas. Dan susu merupakan salah satu minuman yang kaya akan nutrisi esensial tersebut. Tentu bukan hanya susu yang menjadi sumber kalsium, ada beberapa jenis sayuran dan bahan makanan lainnya yang dapat Anda konsumsi. Namun, menikmati hidangan dengan rasa favorit tentu akan lebih menyenangkan. Jadi jangan takut untuk mengonsumsi olahan susu seperti es krim, asalkan masih dalam porsi yang wajar," kata Lee.

  (Baca Juga: Ternyata Ini Kebiasaan Makan Pasangan Sesuai dengan Zodiaknya)

Burger

Meski burger dikenal sebagai salah satu makanan cepat saji yang mengandung lemak jenuh dan karena sering disajikan dalam kondisi berminyak, namun tahukah Anda bahwa olahan burger yang dibuat dengan teknik rumahan juga tidak kalah sehat dengan superfoods pada umumnya. Kuncinya adalah memilih bahan makanan yang tepat.

"Buatlah burger dengan bahan-bahan berkualitas, mulai dari sayuran, roti, hingga potongan daging yang Anda gunakan. Tidak semua makanan saji itu harus diolah dengan teknik atau bahan-bahan yang tidak sehat. Penting untuk diingat, Anda tidak perlu menghabiskan makanan cepat saji semuanya. Terkadang hanya beberapa potong gigitan sudah cukup untuk memuaskan keinginan kita," jelas Lee.

Pizza

Pizza merupakan makanan universal yang sangat disukai oleh banyak orang di seluruh dunia. Namun tidak banyak yang mengetahui bahwa saus tomat yang sering dioleskan pada topping pizza mengandung banyak vitamin A, C, dan banyak antioksidan. Selain itu, makanan khas Italia ini juga selalu dilengkapi potongan sayuran-sayuran sehat, serta beberapa bahan pelengkap lainnya seperti pepperoni, keju parmesan, dan masih banyak lagi. Sayangnya, beberapa jenis pizza mengandung kadar lemak dan gula yang sangat tinggi yang dapat memicu berbagai permasalahan kesehatan.

"Jika Anda tertarik untuk membuat pizza di rumah, kenapa tidak coba menukar bahan utama dengan kembang kol atau potongan terong saja? Pizza ham dan keju sebetulnya juga tidak masalah," imbuhnya.

Alkohol

Konsumsi alkohol secara rutin dan dimoderasi sebenarnya bisa memberikan beberapa manfaat kesehatan karena tingkat antioksidannya.

"Meminum alkohol dalam jumlah sedang bermanfaat untuk mengurangi risiko penyakit jantung, stroke, dan bahkan diabetes. Namun, sekali lagi, moderasi adalah kunci. Jika Anda menyukai minuman beralkohol, tidak ada salahnya menambahkan air soda dan perasan air jeruk nipis untuk meningkatkan kadar antioksidan dan mengurangi kadar gula," tukas Lee.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini