Image

Turis Indonesia Peringkat Kedua Terbanyak Kunjungi Singapura

Tiara Putri, Jurnalis · Selasa 13 Februari 2018 17:03 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 02 13 406 1859018 turis-indonesia-peringkat-kedua-terbanyak-kunjungi-singapura-BC1J4FpyZH.jpg Turis Indonesia kedua terbanyak kunjungi Singapura (Foto: Flagtheory)

TAK bisa dipungkiri jika banyak masyarakat Indonesia yang menghabiskan waktu liburannya dengan bertandang ke Singapura. Jaraknya yang tidak terlalu jauh dan banyaknya atraksi wisata yang bisa dikunjungi menjadi salah satu alasannya. Kondisi ini membuat Tanah Air termasuk dalam pangsa pasar.

Berdasarkan data yang dipaparkan dalam temu media yang diselenggarakan oleh Singapore Tourism Board (STB), Indonesia menduduki posisi nomor 2 untuk kategori tourism receipt dan kedatangan pengunjung. Bahkan tercatat kunjungan masyarakat Indonesia ke Singapura pada Desember 2017 lalu mencapai 330.081 pengunjung. Jumlah ini menjadi yang tertinggi dalam rentang waktu setahun.

Diterangkan oleh Area Director Indonesia STB, Raymond Lim, mayoritas pengunjung berasal dari Jakarta. "Namun masih ada kota-kota besar lain seperti Surabaya dan Medan. Ada juga yang dari Batam karena dekat mereka tinggal menyeberang dengan feri. Selain itu, kami mulai memperkuat upaya pemasaran di Pulau Jawa bagian Timur, Bali, dan Sulawesi dengan membuka kantor regional di Surabaya," tutur Raymond saat ditemui Selasa (13/2/2018) di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan.

Sementara itu, berbicara mengenai segmentasi, banyak pengunjung yang merupakan keluarga muda dengan anak kecil. Menurut Lim, sapaan akrabnya, Singapura tergolong ramah anak sehingga menjadi destinasi yang pas untuk liburan. Kebanyakan pengunjung datang di akhir pekan di mana bulan Januari, Juni, Juli, November, dan Desember menjadi bulan dengan kunjungan tertinggi.

Selain menghabiskan waktu untuk berlibur, banyak pula pengunjung yang datang untuk melakukan perjalanan bisnis. Sekarang ini banyak grup-grup perusahaan yang melakukan perjalanan menggunakan cruise atau kapal pesiar. Tercatat ada kurang lebih 421 cruise datang di Singapura, baik yang memulai pelayaran atau sekadar singgah.

Untuk terus meningkatkan pertumbuhan jumlah wisatawan, rencananya akan ada sejumlah atraksi baru seperti Disney Marvell Events, Cartoon Network Wave, Singapore Cocktail Festival, Heritage Tour di museum, hingga pelayaran dengan Genting Dream yang dimulai di Singapura.

Selain itu, untuk menjaring wisatawan golongan milenial akan diadakan sejumlah event seperti konser dan festival. Tak hanya itu, ada pula brand baru yaitu 'Singapore Passion Made Possible' yang berharap wisatawan bisa menjadikan The Lion City sebagai destinasi untuk mewujudkan passionnya entah itu belanja, kuliner, sosialisasi, dan menjelajah tempat wisata.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini