nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jelang Tahun Baru Imlek, Ini 3 Destinasi Favorit Incaran Wisatawan di Indonesia

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Selasa 13 Februari 2018 18:48 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 02 13 406 1859097 jelang-tahun-baru-imlek-ini-3-destinasi-favorit-incaran-wisatawan-di-indonesia-hkHa2Zk6pW.jpg Jalan Malioboro Yogyakarta (Foto: Ist)

TAHUN Baru Imlek merupakan salah satu momen yang tepat untuk liburan singkat atau menghabiskan waktu bersama keluarga. Apalagi, tahun ini perayaan Imlek jatuh pada momen long weekend yakni, Jumat 16 Februari.

Tak heran jika terjadi peningkatan jumlah wisatawan di beberapa daerah di Indonesia. Fakta tersebut semakin diperkuat setelah salah satu online travel agent asal Indonesia melakukan riset terkait perilaku pemesanan tiket pesawat, hotel, dan kereta api yang dilakukan oleh para wisatawan.

Riset tersebut bertujuan untuk mengetahui tren pemesanan tiket pesawat dan tujuan yang paling banyak dikunjungi pada periode Tahun Baru Imlek 2017, serta prediksi tujuan paling banyak dikunjungi Tahun Baru Imlek 2018 yang akan jatuh pada tanggal 16 Februari nanti.

Berdasarkan data pemesanan tiket pesawat yang dikeluarkan oleh Pegipegi, pada liburan Tahun Baru Imlek 2017, ada lima kota yang menjadi tujuan terbanyak. Dari lima kota ini, Jakarta menduduki peringkat pertama, disusul Surabaya, Bali, Yogyakarta, dan Semarang.

Untuk periode Tahun Baru Imlek 2018, saat ini sudah mulai terlihat adanya kenaikan pemesanan tiket pesawat sebanyak 13,5 % dibandingkan dengan saat weekend di hari biasa. Hingga saat ini destinasi paling banyak dikunjungi pada Tahun Baru Imlek 2018 diprediksi akan sama dengan Tahun Baru Imlek 2017.

Hanya Yogyakarta dan Bali ada di urutan yang sama, dan Semarang digantikan oleh Medan dengan kenaikan presentase sebanyak 52,48% dari periode Imlek tahun 2017.

“Destinasi favorit ini berubah-ubah sesuai dengan momen dan periodenya. Jika pada Tahun Baru orang lebih memilih berlibur untuk mengunjungi destinasi wisata, sedangkan pada periode Tahun Baru Imlek, selain berlibur, masyarakat juga bisa memanfaatkan waktu untuk mengunjungi kerabat di kota lain,” ungkap Ryan Kartawidjaja, Deputy CEO Pegipegi.

Seperti diketahui, pada periode Tahun Baru Imlek tahun 2017 tidak jatuh pada long weekend, akan tetapi antusiasme masyarakat untuk traveling meningkat. Sedangkan, Tahun Baru Imlek 2018 jatuh pada periode long weekend, jadi kemungkinan masyarakat akan lebih antusias.

"Untuk itu, kami hadirkan program yang bisa semakin memenuhi kebutuhan masyarakat yang ingin traveling. Melalui program Pegipegi Tebar Hoki, kami targetkan pemesanan akan naik dua kali lipat daripada periode weekend biasanya,” tukas Ryan.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini