nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Melalui Bus TransJakarta, Dinkes DKI Jakarta Edukasi Pentingnya Deteksi Kanker Dini

Annisa Aprilia, Jurnalis · Selasa 13 Februari 2018 15:53 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 02 13 481 1858898 melalui-bus-transjakarta-dinkes-dki-jakarta-edukasi-pentingnya-deteksi-kanker-dini-EMipoMlzzT.jpg TransJakarta digunakan untuk mengedukasi warga soal deteksi kanker (Foto: Annisa Aprilia/Okezone)

KANKER menjadi salah satu penyakit yang paling banyak menyumbang angka kematian. Tidak hanya di dunia dan Indonesia, di Provinsi DKI Jakarta pun penyakit ini turut ambil andil dalam angka kematian warga.

Disampaikan oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, dalam sambutannya di acara puncak Peringatan Hari Kanker Sedunia 2018, Selasa, 13 Februari 2018, yang dilangsungkan di Museum Seni Rupa dan Keramik, Jakarta, mengatakan di DKI Jakarta khususnya, kanker menjadi penyebab utama kematian.

"Pada 2017 kanker menjadi penyebab kematian sebanyak 14 persen dari total kematian yang ada di Jakarta. Ironisnya sering ditemukan pasien dengan stadium lanjut," tutur Anies.

 (Baca Juga: Puncak Hari Kanker Sedunia, Anies Baswedan Ungkap Peningkatan Deteksi Dini Kanker di Jakarta)

Untuk itu Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melakukan banyak program, agar semakin banyak masyarakatnya yang sadar dan tahu cara deteksi kanker secara dini. Salah satu cara yang dilakukan Pemprov DKI ialah dengan mendesain bus TransJakarta menggunakan stiker bertuliskan kalimat penyadartahuan kanker, sehingga bisa dibaca oleh seluruh penumpang bus dan masyarakat lainnya yang melihat di tempat bus melintas.

Peluncuran bus TransJakarta dilakukan langsung oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. Ia meluncurkan bus tersebut dalam kesempatan acara puncak Peringatan Hari Kanker Sedunia 2018 yang diselenggarakan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

"Mudah-mudahan bisa memperluas deteksi dini kanker. Kita seringkali lihat informasi seakan berjarak, mudah-mudahan acara ini bisa jadi peringatan bagi kita dan seluruh aparatur kesehatan maupun luar bidang kesehatan dan Semua orang untuk punya tanggung jawab mengedukasi sesama, agar semua lapisan masyarakat mengerti cara cegah kanker secara dini," ucap Anies.

  (Baca Juga: Ketahui Faktor Pemicu Timbulnya Batu Ginjal yang Jarang Disadari)

Melengkapi keterangan Anies, Koesmedi Priharto selaku Kepala Dinas Kesehatan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menuturkan cara untuk mencegah kanker salah satunya dengan menerapkan pola hidup sehat dan melakukan pemeriksaan secara rutin. Bagi wanita dianjurkan untuk melakukan tes IVA, sementara untuk anak-anak perempuan yang duduk di bangku sekolah dasar, sebaiknya melakukan imunisasi vaksin HPV untuk cegah kanker serviks.

"Saat ini baru ada satu unit bus TransJakarta yang didesain khusus untuk penyadartahuan kanker. Bus tersebut akan beroperasi di rute Blok M - Kota," imbuh Koesmedi.

Lebih lanjut, masih dalam penuturannya Koesmedi mengatakan, bus yang didesain khusus dulu juga pernah dilakukan untuk penyadartahuan penyakit TBC. Namun, untuk bus TransJakarta edisi cegah kanker ini baru ada satu unit saja, karena bus lainnya masih difokuskan untuk menyambut ASEAN games mendatang.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini