nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Batu Ginjal Bisa Menyerang Anak, Ini yang Harus Diperhatikan Orangtua!

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 13 Februari 2018 18:02 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 02 13 481 1859066 batu-ginjal-bisa-menyerang-anak-ini-yang-harus-diperhatikan-orangtua-BEaXKV5Mej.jpg Ilustrasi (Foto: Nationwidechildrens)

TIDAK bisa dipungkiri lagi bahwa anak Anda yang usianya terbilang masih kecil sudah bisa menjadi kelompok risiko penyakit serius. Ada banyak penyebabnya, bisa karena gen atau juga karena kehidupan manusia yang semakin berkembang dan faktor penyebab semakin luas.

Bicara mengenai penyakit serius karena gen, Anda mungkin bisa menemukannya di penyakit kanker. Tapi, ada juga penyakit serius yang disebabkan karena lingkungan atau kebiasaan si anak. Sebut saja penyakit batu ginjal.

Lho, bukannya itu hanya diderita mereka yang berusia di atas 20 tahun atau mereka yang punya aktivitas cukup padat?

Pernyatan itu memang tidak salah. Tapi, sekarang, usia anak-anak saja bisa mengalami masalah ini. Bahkan, kasusnya bisa setara dengan orang dewasa. Lalu, bagaimana ini kemudian bisa terjadi?

Diterangkan Dokter Spesialis Urologi RS Pondok Indah – Pondok Indah dr. Hery Tiera, Sp.U, anak-anak kini sudah bisa menjadi kelompok risiko masalah batu ginjal. Ada dua hal yang kemudian menjadi penyebab utama masalah ini muncul di anak-anak.

Yang pertama adalah masalah kualitas air. “Tidak bisa dibohongi jika kualitas air di wilayah timur Indonesia itu kurang baik. Perlu Anda tahu, air di daerah sana banyak mengandung kapur dan kandungan itu bisa menjadi sumber kristal di ginjal anak-anak,” paparnya saat diwawancarai di Senayan City, Jakarta, Selasa (13/2/2018).

Hal ini tentunya menjadi kekhawatiran tersendiri bagi mereka yang tinggal di wilayah timur Indonesia. Sebab, apa yang mereka nikmati dari alam ternyata tidak membawa kebaikan 100% untuk kehidupan mereka. Dan tentunya hal ini tidak bisa disalahkan.

Kemudian, faktor berikutnya adalah dehidrasi. Sadar atau tidak, setiap anak itu sudah tabiatnya untuk aktif bergerak. Anak-anak itu suka sekali bermain bahkan sampai lupa waktu. Mereka malah tidak mengkhawatirkan tubuhnya sendiri.

Dr. Hery menyarankan untuk setiap orangtua, sekali pun sangat baik bagi anak untuk aktif bergerak, tapi jangan sampai mereka malah kurang minum. Sebab, masalah ini menjadi sumber utama munculnya batu ginjal di tubuh anak Anda.

“Ingatkan anak Anda untuk tetap rutin mengonsumsi air putih dan jangan malas untuk mengonsumsi makanan yang sehat, seperti buah-buahan,” tambah dr. Hery.

Sementara itu, jika dilihat dari data yang diterangkan dr. Hery, kebanyakan mereka yang mengalami masalah batu ginjal adalah mereka yang berusia 20-40 tahun. Di mana, di usia itu sedang aktif-aktifnya bergerak. Ingat, jangan lupa untuk perbanyak minum air putih!

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini