Image

Terbukti! Munculnya Batu Ginjal Bisa Sebabkan Gagal Ginjal

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 13 Februari 2018 21:01 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 02 13 481 1859087 terbukti-munculnya-batu-ginjal-bisa-sebabkan-gagal-ginjal-OGDlhFB1Sj.jpg Ilustrasi gagal ginjal (Foto: Medical Center)

SANGAT disayangkan, mereka yang mengalami batu ginjal ternyata terbukti berisiko mengalami gagal ginjal. Namun, ada hal yang mesti diketahui terlebih dulu mengenai kedua masalah ini.

Pada dasarnya, ketika muncul batu di ginjal itu sudah sangat berbahaya. Makanya, sangat direkomendasikan pada siapa pun yang sudah terdeteksi memiliki batu ginjal untuk segera melakukan tindakan operasi. Sebab, semakin lama dibiarkan akan semakin buruk kondisi Anda.

Perlu disadari bahwa ketika ginjal Anda tersumbat oleh batu ginjal, maka hal yang kemudian terjadi adalah infeksi ginjal. Bahkan, jika batunya berukuran cukup besar, bisa-bisa Anda mengalami kondisi yang dinamakan ginjal bengkak.

“Jadi, batu yang seharusnya tidak muncul di ginjal, malah menutupi saluran ginjal yang mana seharusnya proses pencernaan bisa berjalan lebih baik. Tertutupnya saluran ginjal yang kemudian membuat Anda mengalami ginjal bengkak. Kalau sudah seperti ini, risiko infeksi dan kerusakan jaringan ginjal bisa terjadi,” terang Dokter Spesialis Urologi RS Pondok Indah – Pondok Indah, dr. Hery Tiera, Sp.U, Selasa (13/2/2018).

Yang kemudian menjadi lebih buruk adalah jika kedua ginjal mengalami hal yang sama dan kemudian muncul penyakit lanjutan yang dinamakan gagal ginjal. Tapi, harus diketahui sebelumnya, pasien yang sudah ditetapkan sebagai penderita gagal ginjal adalah mereka yang sudah mengalami kerusakan kedua ginjal.

Ya, jadi, mereka yang didiagnosis gagal ginjal adalah mereka yang fungsi kedua ginjalnya sudah tidak bekerja secara sempurna. Kalau sudah begini, yang bisa dilakukan adalah melaksanakan tata laksana cuci darah atau implant ginjal, atau juga treatment medis lainnya yang memingkinkan bekerjanya kembali ginjal yang rusak.

Sementara itu, di mana letak sinkronnya antara batu ginjal yang bisa berisiko menyebabkan gagal ginjal?

“Kalau batu yang ada di ginjal tidak segera dihilangkan dan malah dibiarkan, kemudian membesar dan menutupi ruang ginjal untuk bekerja dan ini terjadi di kedua belah ginjal, maka dipastikan ginjalnya akan rusak. Apalagi ada riwayat penyakit lainnya yang memperburuk kondisi ginjal dan berakhir pada gagal ginjal,” ucap dr. Hery.

Sekali lagi, ada hal yang mesti Anda ketahui bahwa gagal ginjal juga dipengaruhi oleh beberapa faktor lainnya, sebut saja adanya riwayat hipertensi yang tinggi, diabetes yang tidak terkontrol, atau ada masalah autoimun yang menyebabkan ginjal Anda tidak berfungsi semuanya. Kalau sudah begini, kondisi batu ginjal pun bisa memperburuk keadaan.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini