Image

Tips Berbusana agar Sukses saat Interview Kerja

Tiara Amalina, Jurnalis · Kamis 15 Februari 2018 04:00 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 02 14 194 1859648 tips-berbusana-agar-sukses-saat-interview-kerja-jH1ShzUFOC.jpg Ilustrasi (Foto: Tashiara)

PAKAIAN merupakan suatu hal yang patut diperhatikan, apalagi saat Anda akan melakukan wawancara kerja. Salah menggunakan kostum akan membuat perusahaan berpikir ulang untuk menerima Anda.

Melansir dari Cosmopolitan, Kamis (15/02/2018), ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan sebagai referensi busana saat akan melakukan wawancara kerja.

1. Hindari sesuatu yang mengganggu

Jika Anda ingin mengenakan rok pendek, pastikan Anda tidak terus menariknya ke bawah untuk menutupi paha ketika duduk. Jangan memakai baju dengan lengan berkancing atau berkaret yang membuat Anda gelisah dan menyentuhnya setiap saat. Jika perlu, Ikat rambut dengan rapi sehingga tak membuat kesan berantakan. Tips ini akan membantu Anda lebih konsentrasi dan mengurangi rasa gugup.

2. Gunakan sesuatu yang nyaman

Menggunakan high heels saat wawancara merupakan pilihan yang bagus. Namun, jika Anda merasa tidak terbiasa menggunakannya, pilihlah sepatu formal tanpa heels yang akan membuat Anda kesulitan. Gunakan celana panjang yang longgar dan formal ketika akan melakukan wawancara, jangan gunakan celana sempit yang menurunkan performa penampilan Anda.

3. Pastikan Anda membawa tas yang besar

Hal ini berguna agar semua arsip yang Anda butuhkan seperti CV, handout yang diberikan perusahaaan dan note tetap tertata rapi dan lengkap. Mengggunakan tas yang kecil akan membuat Anda kebingungan arsip mana yang tertinggal.

4. Gunakan blazer untuk mengakali pakaian lama

Terkadang orang akan malas membeli pakaian baru ketika akan melakukan interview kerja. Jika Anda termasuk salah satunya, maka Anda bisa mengakali pakaian lama, yaitu memadukannya dengan blazer. Hal ini akan membuat Anda mendapatkan hasil yang lebih segar dan formal.

5. Jangan lupa menggunakan outer

Selain blazer, mantel panjang atau jaket semi formal bisa Anda kenakan ketika menuju tempat interview. Penggunaan outer juga ditujukan agar pakaian yang Anda pakai terhindar dari noda.

Jadi, pilihlah atasan, bawahan, hingga sepatu yang tepat. Satu kesalahan dalam memilih pakaian akan sangat mengganggu konsentrasi dan kepercayaan diri Anda.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini