Image

Valentine's Day, Saatnya Pelajar Vietnam Menghilang di Akhir Jam Pelajaran

Dada Sathilla, Jurnalis · Rabu 14 Februari 2018 12:01 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 02 14 196 1859375 valentine-s-day-saatnya-pelajar-vietnam-menghilang-di-akhir-jam-pelajaran-pFb99ytOmy.jpg (Foto: Stylewhack)

HARI kasih sayang baru mulai dirayakan di Vietnam sejak beberapa tahun terakhir. Tak cuma dirayakan oleh pasangan tapi juga oleh keluarga dan saudara.

Salah satu tradisi yang menarik selama hari Valentine adalah para pelajar dan mahasiswa yang tiba-tiba menghilang dari kelas demi berpartisipasi merayakan hari Valentine.

Sebagai perayaan universal yang dirayakan di semua negara, budaya merayakan hari Valentine juga ikut merambat ke Vietnam. Hal ini bisa terlihat jelas di pertokoan dan mal dimana banyak dijual cokelat dan hadiah bertema Valentine. Bioskop, restoran dan pasar juga sibuk membuat penawaran khusus Valentine.

Di Vietnam, hari Valentine disebut Ngay Valentine oleh anak muda. Sementara orang yang lebih tua menyebutnya sebagai the feast of love. Inilah hari dimana para pasangan sibuk bertukar kado. Atau paling tidak para lelaki memberikan kado bagi pasangannya. Cokelat, kartu ucapan, dan boneka binatang menjadi kado yang paling sering diberikan.

Para pria juga sibuk membeli bunga untuk pasangannya meski harga bunga segar saat Valentine meroket tinggi. Para pasangan merayakannya dengan makan malam romantis di restoran. Uniknya para gadis Vietnam merayakan Valentine dengan memakai baju tradisional Ao Dai.

(Baca Juga: Bukan karena Jomblo, Ini 6 Alasan Seseorang Membenci Hari Valentine!)

(Foto:Vietnamitasenmadrid.com)

Mengikuti permintaan pasar yang tinggi akan bunga dan cokelat, para pelajar dan mahasiswa di Vietnam meresponnya dengan kreatif. Demi memperoleh tambahan uang saku, mereka rela mengilang di jam-jam akhir pelajaran untuk menjual bunga dan cokelat di pinggir jalan. Aksi ini dilakukan sejak beberapa hari sebelum hari Valentine hingga 14 Februari.

Hal ini karena menjual cokelat dan bunga merupakan bisnis yang menguntungkan di Vietnam. Satu buket bunga bisa dijual dengan harga 150.000 - 300.000 Dong atau sekira Rp.75.000 - 150.000,00.

(Baca Juga: 5 Gaya Bercinta yang Bikin Malam Valentine Anda Tidak Terlupakan)

Kebiasaan unik lainnya, Valentine tak cuma dirayakan mereka yang sedang mabuk cinta. Hari kasih sayang dipandang sebagai saat untuk merayakan kasih sayang kepada teman, saudara dan keluarga juga. Tak jarang para orang tua memberikan hadiah kepada anak atau cokelat diberikan kepada teman baik.

(Baca Juga: Meme Seputar Valentine Ini Bikin Ngakak Sekaligus Terenyuh)

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini