10 Mitos yang Masih Diyakini Banyak Orang Seputar Hari Valentine

Imeida Ulfa Ariyanti, Jurnalis · Rabu 14 Februari 2018 17:27 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 02 14 196 1859470 10-mitos-yang-masih-diyakini-banyak-orang-seputar-hari-valentine-PkUTt0CNe2.jpg Ilustrasi (Foto: Goodhousekeeping)

HARI valentine merupakan suatu perayaan dimana banyak orang yang mengungkapkan rasa cinta dan kasih nya kepada orang tersayang. Dibalik adanya perayaan tersebut ternyata hari valentine masih menyimpan beberapa mitos loh. Sebagaimana dilansir dari Weirdworm Rabu (14/2/2018)

Diciptakan oleh hallmark

Hallmark tidak menciptakan perayaan hari valentine sebagai suatu tradisi. Pemberian kartu valentine merupakan tradisi yang pernah ada di Inggris pada tahun 1800an dan kemudian dipopulerkan oleh koloni. Esther Howland adalah orang pertama yang memproduksi secara massal kartu valentine di Amerika.

Siapa st. Valentine

Pada dasarnya hari besar umat kristen adalah saat perayaan martyred saint (perayaaan orang suci martir). Tapi yang menjadi masalah adalah tidak diketahui siapa Valentine yang sebenarnya karena ada beberapa kudus yang berbeda nama, serta tidak cukup catatan sejarah untuk menentukan siapa st valentine.

Gambar hati pada lengan

Pada hari valentine juga ada yang memakai gambar hati pada lengan. Beberapa menjelaskan bahwa gambar tersebut memiliki makna “tempelkan hati mu pada lengan baju’’.namun,ini hanyalah sebuah hiburan semata. Tidak ada bukti yang mendukung tentang maksud dari semua ini. Tapi ungkapan ini secara tertulis pada karya Shakespeare berjudul Othello.

Perayaan umat kristen

Meski saat ini sebagian besar telah dihapus dari agama, sebelumnya perayaan tersebut adalah perayaan umat kristen, seperti yang disebutkan di atas. Tapi hal tersebut bukanlah menjadi awal dari perayaan Valentine. Hal tersebut berawal dari orang romawi yang menyambut hari pagan dan dijadikan sebaga dedikasi untuk kesuburan dan kehidupan.

Hari untuk melamar kekasih

Aliran budaya pop mengalahkan gagasan bahwa hari valentine adalah hari paling romantis untuk mengajukan lamaran atau menikah. Namun, jajak pendapat secara konsisten menunjukkan bahwa (menurut wanita) itu sama sekali tidak benar.

Puisi charles duke dari orleans

Ini adalah mitos lain dari tradisi hari valentine. Di sini, charles mengirim puisi kepada istrinya selama dua puluh empat tahun penjara dimulai pada 1415. Meskipun dia benar-benar melakukan ini. Tidak ada konfirmasi bahwa inilah inspirasi untuk mengirim kartu atau puisi di hari valentine.

Bunuh diri meningkat pada hari valentine

Pada hari valentine dikatakan terjadi peningkatan bunuh diri yang sangat tinggi, namun tidak banyak studi yang mendukung hal ini.

Hari valentine sebenarnya tidak ada

Gereja katolik menghapus pesta hari valentine di kalender romawi pada tahun 1969, yang selanjutnya menjauhkan hari itu dari konotasi religius apapun.

Lahirnya banyak bayi

Karena hari valentine adalah hari untuk percintaan maka akan banyak terjadi kehamilan pada hari tersebut. Namun menurut statistik ini tidak ada dasar faktual untuk keyakinan ini.

Waktu yang terbaik untuk menikah

Kebanyakan orang menikah pada bulan februari dan khusus nya pada hari valentine, tapi hal tersebut tidak benar, dan sebenarnya bulan juni adalah bulan yang paling populer untuk mengikat tali pernikahan.

1 / 2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini