Image

Kebiasaan Unik Orang Jepang di Hari Valentine, Kamu Gak Bakal Sangka!

Annisa Aprilia, Jurnalis · Rabu 14 Februari 2018 18:55 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 02 14 196 1859647

PERAYAAN Hari Kasih Sayang alias Valentine diperingati oleh hampir setiap orang di dunia. Jepang menjadi salah satu negara yang penduduknya juga turut merayakan Hari Kasih Sayang. Negara yang masih kental dengan budayanya ini, bahkan memiliki satu hari yang dinamakan Hari Putih sebulan setelah Valentine.

Namun, saat Valentine berlangsung pada 14 Februari, Jepang memiliki kebiasaan tersendiri berbeda dengan negara lainnya. Jika sebagian besar penduduk dunia menganggap pria lah yang berkewajiban memberikan hadiah atau cokelat, tapi di Jepang justru sebaliknya.

Ya, wanita lah yang memberikan hadiah untuk pria. Hal ini dikarenakan wanita dianggap terlalu malu untuk mengekspresikan cinta mereka, sehingga Valentine dan cokelat menjadi dua hal yang tepat untuk mengekspresikan perasaan. Meskipun banyak wanita memberikan cokelat pada pria di Hari Valentine, tapi cokelat bukanlah satu-satunya cara yang bisa diberikan pada lawan jenis.

Melansir dari laman ThoughtCo, Rabu (14/2/2018), setelah wanita memberikan hadiah pada pria saat Hari Valentine, maka pria tersebut seharusnya mengembalikan hadiah untuk wanita pada hari yang disebut Hari Putih. Hari tersebut jatuh setiap 14 Maret, sebulan setelah perayaan Valentine.

Sebelumnya, saat Anda menerima cokelat dari gadis Jepang, jangan terlalu percaya diri dulu. Pasalnya, bisa saja cokelat yang diberikan merupakan Giri Choco atau cokelat kewajiban. Cokelat Giri merupakan cokelat yang dipersembahkan khusus untuk atasan, rekan kerja atau teman yang tidak memiliki hubungan perasaan, hanya teman saja. Cokelat ini diberikan sebagai tanda terima kasih atau ekspresi rasa syukur pada orang yang dianggap berjasa.

Sementara, warna merah muda atau warna-warna romantis seperti kebanyakan yang ditampilkan negara-negara lain tidak ditampilkan di Jepang. Pasalnya, Jepang memiliki warna romantisnya sendiri.

Orang-orang Jepang mengenakan dan menggunakan warna merah sebagai warna cinta mereka. Bahkan, dalam kebudayaan Jepang, mereka mengenal ada beberapa jenis warna merah, seperti shuiro atau vermilion, akaneiro atau madder red, enji atau merah gelap, karakurenai atau merah, dan hiiro atau merah tua. Nah, untuk perayaan Valentine sendiri, biasanya orang-orang Jepang menggunakan warna merah untuk perayaan, yaitu kombinasi merah dan putih, yang merupakan simbol untuk acara yang menguntungkan atau membahagiakan.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini