Image

Food Truck untuk Pengembangan Wirausaha Generasi Zaman Now, Bagaimana Caranya?

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Rabu 14 Februari 2018 18:53 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 02 14 298 1859645 food-truck-untuk-pengembangan-wirausaha-generasi-zaman-now-bagaimana-caranya-15jQt2yhKS.JPG Ilustrasi food truck (Foto: Sukardi/Okezone)

UNTUK menumbuhkan keinginan memiliki jiwa wirausaha, perlu contoh dan usaha sendiri dalam menemukanya. Beberapa tren yang edang banyak diikuti masyarakat dunia pun bisa menjadi referensi Anda dalam membangun usaha sendiri. Pemerintah melalui Kementerian Pariwisata RI bekerja sama dengan pemerintan daerah mencoba membangun Politeknik Pariwisata Palembang.

Sekolah ini diharapkan bisa menjadi wadah bagi generasi muda yang tertarik pada kepariwistaan untuk mengembangkan bakat dan minatnya. Tak hanya itu, sekolah ini juga diharapkan bisa mencetak generasi yang berkompeten dan menjadi wirausahwan muda yang berbakat.

 BACA JUGA:

Ingin Tampil Natural, Chrissy Teigen Bikin Salad Tanpa Busana

Salah satu gebrakan yang dimunculkan di sekolah ini adalah tersedianya food truck. Fasilitas ini sediakan untuk mengakmdir generasi zaman now untuk bisa berkreasi dan merasakan langsung bagaimana dunia bisnis di Indonesia.

"Bagi kami, food truck ini inovasi kekinian yang cocok dengan generasi sekarang dan kepopuleran food truck juga sudah tidak bisa diragukan lagi. Inovasi semacam ini juga bisa menjadi terkenal karena adanya dorongan dari anak muda seperti mereka-mereka yang bersekolah di Politeknik Pariwisata Palembang," terang Plt Deputi Bidang Pengembangan Kepariwisataan Kelembagaan Kementerian Pariwisata RI Ahman Sya, di Gedung Politeknik Pariwisata Palembang, Sumatera Selatan, Rabu (14/2/2018).

 

Bicara lebih lanjut mengenai food truck ini, diterangkan Direktur Politeknik Pariwisata Palembang Zulkfli Harahap, food Truck yang diberi nama Mobile Kitchen ini adalah dur berjalannya mahasiswa di kampus tersebut. Jadi, fasilitas itu dimanfaatkan juga para mahasiswa untuk unjuk kebolehan mereka dalam mencipta sebuah karya dan tentunya membuat mereka belajar lagsung di dunia masyarakat.

"Truk ini dijadikan sarana bagi mahasiswa untuk mengasah diri dan mengembangkan diri. Selain itu, Mobile Kitchen ini juga diharapkan bisa membuat mahasiswa dapat mengikut perkembangan dari pembuatan hingga pelayanan yang baik kepada konsumen," tutur Zulkifli.

 

Sementara itu, menurut Dosen Politeknik Pariwisata Palembang Irwandi, keberadaan food truck ini menjadi penting bagi mahasiswa yang belajar di sini. Sebab, mereka belajar dari pengalaman bagaimana masyarakat menilai kinerja mereka secara langsung dan mahasiswa juga tahu keinginan konsumen saat ini seperti apa.

Dilanjut dosen yang biasa dipanggil Chef Ateng ini, untuk kemampuan kompetisi, dari food truck ini juga mahasiwa bisa belajar. Sebab, setiap season menu yang ditawarkan berbeda-beda. "Makanya kami melibatkan langsung mahasiswa dalam menentukan konsep makanan yang akan diciptakan. Dan penting bagi setiap mahasiswa untuk melek tren," papar Chef Ateng.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini