nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Berbeda, Ini 4 Perayaan Valentine Terunik di Dunia

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Rabu 14 Februari 2018 14:59 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 02 14 406 1859493 berbeda-ini-4-perayaan-valentine-terunik-di-dunia-fs2nIx6PTO.jpg Ilustrasi (Foto: Huffingtonpost)

JIKA sebagian negara melarang perayaan Hari Valentine, sejumlah negara justru merayakan momen tersebut dengan cara yang sangat unik. Hari Valentine memang dianggap sakral dan merupakan momen yang tepat untuk mengungkapkan perasaan kepada pria atau wanita yang didambakan.

Dilansir dari berbagai sumber, Rabu (14/2/2018), berikut 4 perayaan Valentine terunik di beberapa negara sesuai dengan kebudayaan mereka masing-masing.

Jepang

Seperti Natal, Halloween dan perayaan besar lainnya, masyarakat Jepang ternyata merayakan Hari Valentine dengan sangat besar-besaran. Momen kasih sayang yang jatuh setiap tanggal 14 Februari merupakan hari yang ditunggu-tunggu kaum hawa untuk menyatakan perasaan mereka kepada pria dambaannya. Jika biasanya pihak pria yang lebih agresif dalam menyatakan cinta, di Hari Valentine lah perempuan yang akan maju lebih dulu. Kebiasaan unik ini juga sering disebut White Day.

 (Baca Juga: Bayi-Bayi yang Lahir di Hari Valentine, Satu di Antaranya Punya Tanda Lahir Hati di Dahi)

 (Foto: Hari Valentine, Pagar Gembok Cinta di Filipina Ramai Dikunjungi Warga)

Estonia dan Finlandia

Jika sebagian besar negara merayakan Hari Valentine sebagai hari spesial untuk sepasang kekasih. Estonia dan Finlandia justru memaknai momen tersebut sebagai hari kasih sayang terhadap sahabat. Mereka bahkan memiliki penyebutan sendiri yakni, Singles Awareness Day. Oleh karena itu, momen perayaan Hari Valentine di Estonia seringkali dirayakan dengan berlayar dengan kapal atau menaiki bus sendirian, dengan harapan menemukan cinta sejati mereka dalam perjalanan mereka. Sedangkan di Finlandia, perayaan Valentine diwarnai dengan saling bertukar kartu ucapan dan hadiah.

Korea Selatan

Salah satu hal menarik dari perayaan Hari Valentine di Korea Selatan adalah Black Day. Sesuai dengan namanya, Black Day merupakan hari berkabung bagi para kaum perempuan yang masih single di Hari Valentine. Mereka biasanya akan menyantap mi hitam atau jajangmyon dan makanan khas Negeri Ginseng yang memiliki nuansa suram atau hitam.

  (Baca Juga: Ungkapan di Hari Valentine seperti Ini yang Bikin Pasangan Makin Baper)

Filipina

Bergeser ke kawasan Asia Tenggara, masyarakat Filipina ternyata memiliki tradisi tersendiri untuk merayakan Hari Valentine. Setiap tanggal 14 Februari, warga Filipina berbondong-bondong mendaftarkan hari pernikahannya atau sekadar memperbaharui janji pernikahan mereka. Pada 14 Februari 2013, Filipina berhasil mencetak rekor pernikahan massal hingga mencapai 4.000 pasangan.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini