Image

Lampu Lalu Lintas di Taiwan Bikin Jomblo Baper!

Annisa Aprilia, Jurnalis · Rabu 14 Februari 2018 19:05 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 02 14 406 1859504 lampu-lalu-lintas-di-taiwan-bikin-jomblo-baper-vxVzR5dPA1.jpg Rambu lalu lintas (Foto: BBC)

DI Indonesia khususnya Jakarta, lampu lalu lintas bagi pejalan kaki hanya berbentuk seseorang dengan warna merah, kuning, dan hijau. Sebagian besar negara lain pun memiliki bentuk dan warna yang sama, tapi ada satu negara yang memiliki bentuk berbeda.

Taiwan menjadi salah satu negara di dunia yang memiliki bentuk lampu lalu lintas yang tidak berbentuk seperti seseorang seperti pada umumnya. Bentuk yang tidak biasa tersebut, cukup unik karena menggambarkan pasangan yang romantis.

Saat lampu lalu lintas berwarna merah, sepasang insan, yaitu laki-laki dan perempuan tampak berpegangan tangan, dengan posisi laki-laki berlutut sambil memegang tangan wanitanya. Sementara, si wanita berdiri. Di antara mereka ada sebuah hati yang melambangkan cinta.

Sedangkan, pada saat lampu hijau menyala, si pria tampak memegang tangan pacarnya dan menyeberang jalan. Dilansir dari laman BBC, Rabu (14/2/2018), ada sekira 40 lampu lalu lintas untuk pejalan kaki yang menampilkan desain pasangan. Desain baru tersebut telah diresmikan kemarin di wilayah selatan Pingtung, Taiwan.

 

Sebelum diresmikan oleh kepolisian setempat, lampu lalu lintas yang unik ini telah diuji coba pada Desember tahun lalu. Biro kepolisian Kabupaten Pingtung yang meresmikan akan memastikan desain lampu lalu lintas yang baru dan diratakan ke seluruh wilayah pada tahun ini.

Wali kota Pingtung yaitu Pen Men-an mengatakan, desain baru ini akan membuat Pingtung menjadi kota yang penuh dengan cinta. Selain itu, desain lampu lalu lintas sepasang kekasih ini juga lebih menarik bagi penduduk khususnya pejalan kaki.

Lebih lanjut, Pen Men-an juga menuturkan, dengan adanya desain baru ini, diharapkan bisa lebih menarik perhatian dan mendorong kaum muda untuk memiliki kesadaran keselamatan transportasi yang lebih baik.

 

Meskipun cukup menarik dan unik desain baru lampu lalu lintas di Taiwan ini, ternyata sudah ada negara yang lebih dulu memulai membuat desain unik lampu lalu lintas. Ya, negara tersebut ialah Australia, tepatnya di Melbourne.

Pada Maret tahun lalu, ada percobaan penggunaan desain baru lampu lalu lintas. Perubahan desain lampu ini tujuannya untuk mengatasi bias gender yang tidak disadari. Lampu lalu lintas tersebut berbentuk seorang wanita tengah berdiri saat lampu lalu lintas berwarna merah. Tapi, saat percobaan, lampu tanda pejalan kaki tersebut justru memicu debat.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini