Image

Dukung Asian Games 2018, Politeknik Pariwisata Palembang Siap Terjunkan 1000 Mahasiswa

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Rabu 14 Februari 2018 15:46 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 02 14 406 1859529 dukung-asian-games-2018-politeknik-pariwisata-palembang-siap-terjunkan-1000-mahasiswa-FCj2ctUEov.jpg Mahasiswa Politeknik Pariwisata Palembang (Foto: M. Sukardi/Okezone)

PERSIAPAN menuju Asian Games 2018 di Palembang, Sumatera Selatan semakin matang. Selain perapihan setiap venue yang bakal digunakan, infrastruktur kota pun terus diperbaiki untuk menunjang perhelatan olahraga yang cukup besar tersebut.

Di lain sisi, kota ini ternyata mendeklarasikan diri sebagai kota dengan sport tourism. Hal ini sejalan dengan bakal dilangsungkannya Asian Games 2018. Untuk mendukung pengembangan kota sport tourism, pemerintah melalui Deputi Bidang Pengembangan Kepariwisataan Kelembagaan Kementerian Pariwisata RI hari ini, Rabu 14 Februari 2018 pun membuka pendaftaran calon mahasiswa Politeknik Pariwisata Palembang, Sumatera Selatan.

"Ini merupakan komitmen bersama antara pemerintah pusat dengan pemerintah daerah dalam memajukan wilayah. Keberadaan sekolah ini pun tentunya akan menjadi sarana masyarakat sekitar Palembang bisa mengembangkan kemampuan dalam hal kepariwisataan," papar Pelaksana Tugas (Plt) Deputi Bidang Pengembangan Kepariwisataan Kelembagaan Kementerian Pariwisata RI, Ahman Sya di Palembang, Sumatera Selatan, Rabu (14/2/2018).

 (Baca Juga: Inilah Dia 34 Finalis Miss Indonesia 2018, Pilih Favoritmu!)

Kembali ke persiapan Asian Games 2018, persiapan sumber daya manusia di Palembang pun terus diperbaiki. Salah satu yang sedang digembleng adalah pelatihan para mahasiswa pariwisata yang bakal membantu berlangsungnya Asian Games 2018 di kota Pempek tersebut.

Dijelaskan Direktur Politeknik Pariwisata Palembang Zulkifli Harahap, sebagai satu-satunya sekolah politeknik pariwisata di Palembang, pihaknya akan mendukung betul keberhasilan Asian Games di Palembang. Salah satu upayanya adalah dengan menurunkan 1000 mahasiswa dari Politeknik Pariwisata Palembang untuk terjun langsung ke acara olahraga tersebut.

"1000 mahasiswa itu terdiri dari 500 mahasiswa yang merupakan lulusan dari angkatan sebelumnya dan 500 lainnya adalah mahasiswa baru," paparnya pada awak media di Gedung Politeknik Pariwisata Palembang, Palembang, Sumatera Selatan.

Zulkifli melanjutkan, ada satu tantangan yang mesti diselesaikan bagi 500 mahasiswa baru ini. Selain bidang keilmuan, kesiapan mental mereka menjadi tantangan tersendiri. Perlu diketahui, 500 mahasiswa baru ini hanya membutuhkan waktu sekitar 1 bulan untuk bisa menjadi bagian dari Asian Games 2018.

  (Baca Juga: Berbeda, Ini 4 Perayaan Valentine Terunik di Dunia)

Pada dasarnya, sambung Zulkifli, mahasiswa baru ini mengetahui dasar dari pelayanan prima. Jika mereka sudah dibekali dengan ilmu tersebut, mereka sepertinya siap untuk bertemu langsung dengan tamu-tamu dan atlet dari negara luar dan kualitas mereka juga bisa dipertanggungjawabkan.

"Anda tahu, tabiat orang Sumatera Selatan itu susah untuk diperintah. Tapi, dengan pemahaman dan paparan yang logis dan apa yang mereka lakukan bisa membanggakan Indonesia, mereka bisa kurangi kebiasaan buruk itu. Lihat, anak-anak ini banyak mengumbar senyum kan sekarang? Hal yang membanggakan," ungkap Zulkifli kemudian senyum.

Bicara mengenai kesiapan, secara detail juga Zulkifli menerangkan bahwa anak-anak yang akan membantu Asian Games 2018 itu juga akan dibentuk seperti tenaga profesional yang memang memiliki kemampuan. Salah satu contoh dasarnya adalah saat gala dinner.

"Kemampuan mereka akan terlihat di acara tersebut dan saya yakin mereka-mereka ini bisa menjadi tenaga profesional yang baik di mata dunia," tambahnya.

  (Baca Juga: Bayi-Bayi yang Lahir di Hari Valentine, Satu di Antaranya Punya Tanda Lahir Hati di Dahi)

Sementara itu, tidak hanya menjadi mengurusi hospitality, anak-anak ini juga akan menjadi bagian dari pariwisata Palembang secara luas. Jadi, mereka akan dibekali juga ilmu mengenai tour guide yang baik dan benar. Sebab, bagaimana pun Palembang mesti menjual kota ini kepada masyarakat dunia.

Perlu Anda tahu, untuk persiapan sumber daya manusia, tidak hanya 1000 mahasiswa dari Politeknik Pariwisata Palembang yang akan bergerak, pemerintah juga akan menyiapkan 1500 individu lainnya yang berasal dari kalangan umum di mana mereka memang tinggal di Sumatera Selatan. Intinya, masalah sumber daya manusia bisa sedikit demi sedikit dibenahi dan menemui titik terang.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini