nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Singapura Jadi Negara Termahal di Dunia, Kalahkan Jepang hingga Amerika!

Tiara Amalina, Jurnalis · Rabu 14 Februari 2018 18:21 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 02 14 406 1859625 singapura-jadi-negara-termahal-di-dunia-kalahkan-jepang-hingga-amerika-86YiXeDgmE.jpg Singapura jadi kota termahal di dunia (Foto: Forbes)

SINGAPURA merupakan kota dunia kosmopolitan yang memainkan peran penting dalam perdagangan dan keuangan internasional. Tak heran, Singapura dijuluki 'negara mahal'. Karena segala sesuatu yang didistribusikan di negara ini, benar-benar melewati seleksi yang ketat.

Contohnya, harga makanan yang dijual pedagang kaki lima saja akan lebih mahal dari biasanya. Hal ini karena setiap pedagang biasanya mendapatkan Michelin Certification untuk makanannya.

Tingginya biaya hidup di Singapura tidak mungkin terjadi tanpa alasan. Biasanya, negara yang memiliki biaya hidup tinggi, diimbangi dengan tingginya pendapatan per kapita di negara tersebut. Sama halnya seperti Singapura, tak bisa dipungkiri negara ini mempunyai pendapatan yang banyak dari berbagai sektor yang mereka miliki. Seperti yang dilansir dari Forbes, Rabu (14/02/2018) sebuah studi oleh Economist Intelligence Unit melaporkan bahwa Singapura mempertahankan posisinya sebagai tempat termahal di dunia untuk hidup.

Kota ini diikuti oleh Hong Kong dan Zurich. Sementara New York berada di peringkat kesembilan. Survei tersebut membandingkan harga 160 barang dan jasa, mulai dari makanan, minuman, kebutuhan pribadi, sewa, tagihan listrik, biaya sekolah khususnya swasta, dan akomodasi. Secara keseluruhan, 50.000 harga dibandingkan untuk iterasi 2017 dari penelitian ini.

Sementara menurut Raymond Lim, Area Director Indonesia di Singapore Tourism Board mengklarifikasi bahwa sebenarnya mahal itu relatif. "Biasanya, harga yang mahal menentukan 'value' dari barang tersebut. Semua kembali pada diri masing-masing. Tidak semua mahal di Singapura, jika ingin murah Anda bisa memilih MRT untuk transportasi, harganya sekitar Rp.15.000 kalau dirupiahkan. Jika ingin makanan murah, Anda bisa pergi ke pusat jajanan kaki lima, di sana harganya lebih murah dan rasanya juga enak." Ujarnya

Sebenarnya, Singapura bukanlah tempat yang terlalu mahal untuk membeli bahan makanan. Tapi, lebih untuk membeli kendaraan, seperti mobil dan biaya untuk menjalankannya, karena biaya transportasi di Singapura 2,7 kali lebih tinggi daripada di New York. Hal ini juga termasuk dalam hal membeli pakaian dan membayar tagihan utilitas.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini