Image

Sarapan Bikin Ngantuk dan Malas Beraktivitas karena Konsumsi Makanan-Makanan Ini!

Dewi Kania, Jurnalis · Rabu 14 Februari 2018 15:30 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 02 14 481 1859450 sarapan-bikin-ngantuk-dan-malas-beraktivitas-karena-konsumsi-makanan-makanan-ini-IfqZgeUVcD.jpg Ilustrasi (Foto: Livestrong)

SEBAGIAN orang enggan sarapan karena alasannya mengantuk saat mulai beraktivitas. Anggapan tersebut dinilai salah kaprah, karena sarapan sehat pasti tidak sebabkan orang mengantuk dan malas beraktivitas.

Sarapan yang dimaksud oleh pakar gizi yakni mencukupi kebutuhan asupan gizi yang terdiri dari sumber makanan karbohidrat, lemak dan protein. Porsinya harus diatur agar tidak berlebihan.

Sayangnya, kebiasaan orang Indonesia saat sarapan sudah memilih menu makanan yang berat-berat. Seperti nasi uduk, lontong sayur, bubur ayam, nasi kuning, nasi soto ayam, bahkan ditambah dengan aneka pilihan gorengan gurih biar tambah kenyang.

Sarapan dengan menu-menu tersebut seharusnya tidak diperbolehkan. Karena makanan itu mengandung sumber karhobidrat yang berlebihan.

Ketua Pergizi Pangan Indonesia Prof Dr Hardinsyah, MS mengatakan, memang benar kalau orang memilih menu sarapan berat seperti nasi jadi mudah ngantuk. Sebaliknya, kalau malah melewatkan sarapan jadi malah tambah mengantuk. Karena tubuh cenderung tidak memiliki energi yang pas.

"Kebanyakan sarapan bisa ngantuk, begitu juga kalau enggak juga bisa ngantuk. Kalau habis sarapan ngantuk, berarti kebanyakan makan sumber karbohidratnya," ucap Prof Hardin saat ditemui di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (14/2/2018).

Tipe orang yang suka makan nasi atau sumber karbohidrat berlebihan lainnya di saat sarapan, bukan malah menyehatkan. Tapi malah mengacaukan metabolisme tubuh, karena sulit mencerna makanan tersebut.

Apalagi kalau seseorang makannya tergesa-gesa, ditambah dengan asupan pangan tinggi karbohidrat. Pasti tubuhnya gampang jadi gemuk dalam jangka panjang.

"Sudah tergesa-gesa, makannya nasi. Waduh, jadi bikin gemuk," bebernya.

Karena itu, Prof Hardin membeberkan kunci sarapan yang tidak membuat orang mudah mengantuk. Apa saja itu?

Rupanya Anda tidak boleh tergesa-gesa saat menghabiskan sepiring makanan yang disantap. Juga, porsi kebutuhan sarapan harus dipertimbangkan.

"Kunci sarapan yang tidak bikin ngantuk yaitu berhenti sebelum kenyang," tambahnya.

Terlebih, menu sarapan yang sehat yakni harus terdiri dari sumber asupan karbohidrat, protein, dan lemak yang pas. Menu sarapan juga harus beragam, supaya tidak membosankan.

"Dalam mengolah sarapan, bagaimana sukanya ibu yang meracik. Apakah dari susu, roti gandum, buah dan sayuran yang dikombinasikan untuk menu sarapan sehat," pungkasnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini