Image

Anne Avantie Ajak Generasi Zaman Now Cinta Budaya Indonesia Lewat Kebaya

Dewi Kania, Jurnalis · Kamis 15 Februari 2018 19:23 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 02 15 194 1860227 anne-avantie-ajak-generasi-zaman-now-cinta-budaya-indonesia-lewat-kebaya-Npsm2z5pzZ.jpg Anne Avantie (Foto: Okezone)

SEBAGAI desainer berjiwa mulia, karya kebaya Anne Avantie sering digunakan dalam acara-acara penting. Termasuk dalam pagelaran wayang orang yang mengajak para generasi muda untuk mencintai budaya Indonesia.

Tak terasa, Anne sudah berkarya selama 29 tahun. Kebayanya telah dikenal luas oleh kaum hawa karena memiliki ciri khas yang tidak bisa dijiplak.

Keterlibatan wanita 63 tahun itu cukup besar dalam pagelaran wayang "Srikandi Nekat" yang bakal dihelat tanggal 25 Februari 2018. Dia membuat kebaya untuk para pemerannya supaya tambah ayu dan menawan, dengan sentuhan gaya kostum kekinian.

Anne mengatakan, generasi muda zaman sekarang harus belajar mencintai Indonesia dengan cara masing-masing. Salah satunya menonton pagelaran wayang yang unik ini.

 (Baca Juga: Atlet Wanita Ini Tahan Tangis saat Raih Medali Emas, Alasannya Demi Eyeliner)

"Generasi muda harus suka budaya Indonesia, saya berusaha menciptakan karya yang bagus dalam pagelaran ini yang punya arti," ujarnya saat Press Conference Pagelaran Wayang Srikandi Nekat di kawasan Sudirman, Jakarta Pusat, Kamis (15/2/2018).

Kebaya, menurutnya, bukan hanya sekadar potongan baju saja. Dalam membuat pakaian tradisional nan unik itu harus ada unsur budaya dari Sabang sampai Merauke.

Apalagi saat ini sudah banyak model kebaya miliknya yang ditiru oleh banyak orang. Namun, dirinya tidak menuntut, karena merasa bahwa dia adalah seorang inspirator di dunia fesyen.

"Kebaya adalah bukan sepotong baju, tapi untuk hidup saya. Kebaya saya dikloning dari Sabang sampai Merauke, dari penjahit sampai desainer, kelas kambing sampai kelas kakap, saya tidak jatuh miskin. Tapi justru saya jadi inspirasi banyak orang," bebernya.

Dalam membuat karya kebaya untuk pertunjukan besar ini, menurutnya, budaya tak hanya wayang atau orang yang menari saja. Kebaya juga salah satu wujud budaya yang harus dicintai oleh hati orang-orang Indonesia.

  (Baca Juga: Perayaan Single Awareness Day, Hargai Para Jomblo dengan Cara Ini)

Dalam menciptakan karya kebaya untuk pagelaran tersebut, Anne tidak menghitung berapa jumlah kebaya yang akan dipakai oleh pemeran nantinya. Karena dia berkarya dengan tulus dan tidak sembarangan.

"Dalam acara ini tidak menghitung berapa baju, pemerannya mau ganti lima kali boleh saja. Juga, tamunya kalau mau pinjam boleh saja," terangnya.

Saat menciptakan kebaya-kebaya ayu itu, Anne mengaku tidak merasa kesulitan. Karena dia punya jam terbang besar untuk menciptakan kostum yang indah.

Lalu, ibu tiga anak itu mengatakan, industri fesyen harus maju terus. Semua orang Indonesia juga harus mengapresiasi kebaya-kebaya yang dibuat, apalagi terdapat unsur budaya yang ditonjolkan. Apalagi penggabungan fesyen kebaya dengan budaya ini baginya adalah hal baru.

"Sejelek apapun karya kita pasti ada yang beli. Saya bahagia atas ini, kita harus cinta Indonesia dalam keadaan putih," pungkas wanita asli Semarang itu.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini