nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Penyandang dan Survivor Kanker Payudara Ambil Bagian dalam New York Fashion Week

Tiara Putri, Jurnalis · Kamis 15 Februari 2018 23:34 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 02 15 194 1860291 penyandang-dan-survivor-kanker-payudara-ambil-bagian-dalam-new-york-fashion-week-KJ6Q72RnrE.jpg Penderita kanker payudara dalam New York Fashion Week (Foto: Independent)

SESEORANG yang divonis memiliki penyakit kronis mungkin akan menjadi down dan tidak bersemangat untuk menjalani hidup. Akan tetapi, masih ada yang berusaha bangkit dan berusaha mencapai mimpi-mimpinya sambil menjalani pengobatan untuk penyembuhan. Selain itu, dukungan dari orang-orang sekitar dapat membuat orang tersebut lebih kuat.

Dukungan itu pun coba dilakukan oleh label pakaian dalam yaitu Pennsylvanian AnaOno. Bersama badan amal Amerika Serikat #Cancerland, label tersebut kembali menyelenggarakan fashion show yang melibatkan para penyandang kanker payudara maupun survivor. Melalui New York Fashion Week yang digelar di Angel Orsenzanz Foundation, para penyandang dan survivor didapuk memamerkan pakaian dalam berdesain feminin.

 (Baca Juga: Ratu Elizabeth II Larang Penggunaan Plastik di Lingkungan Kerajaan Inggris)

Uniknya, pakaian dalam tersebut sengaja didesain untuk orang-orang yang memang menyandang kanker payudara serta yang baru pulih usai menjalani pengobatan yaitu rekonstruksi payudara dan operasi mastektomi. Para perempuan yang berlaga di atas catwalk berasal dari berbagai etnis dan tidak memandang bentuk serta ukuran tubuh.

Bahkan dalam parade tersebut terlihat beberapa perempuan memiliki bekas luka bedah. Tapi mereka tidak merasa malu dan dengan bangga menunjukkannya. Gelaran dipandu oleh aktris pemenang penghargaan Academy Mira Sorvino.

"Kami di #Cancerland percaya bahwa pertunjukan tahun ini akan mengirimkan pesan yang jelas kepada khalayak di seluruh dunia bahwa mereka yang menyandang kanker payudara tidak akan mendapatkan solusi yang kurang dari masalah kesehatan mereka," tulis akun Facebook penyelenggara acara seperti yang dikutip dari Independent, Kamis (15/2/2018).

  (Baca Juga: Makna 3 Cincin yang Melingkar di Jari Telunjuk, Tengah dan Jari Manis Meghan Markle)

Selain menunjukkan desain pakaian terbaru untuk perempuan penyandang kanker payudara, gelaran fashion show juga bertujuan untuk penggalangan dana. Hasil dari penggalangan tersebut nantinya akan diserahkan kepada pihak #Cancerland. Harapannya hasil tersebut bisa memberikan kesempatan kepada pasien maupun survivor kanker payudara untuk memiliki sebuah platform yang bisa dimanfaatkan sebagai media berbagi cerita.

Tak bisa dipungkiri jika berbagi cerita adalah salah satu cara terbaik untuk memberikan dukungan. Terkadang pasien memang butuh didengarkan untuk mengeluarkan isi hatinya. Cerita dari survivor pun dapat membuat pasien memiliki motivasi untuk sembuh dan berjuang melawan penyakitnya.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini