Image

Berkenalan dengan Hesty, Pempek Bersejarah di Palembang

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Kamis 15 Februari 2018 01:17 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 02 15 298 1859801 berkenalan-dengan-hesty-pempek-bersejarah-di-palembang-ln0h7jJ53P.jpg

MENDENGAR Palembang tidak bisa lepas dari yang namanya pempek. Makanan khas yang satu ini ternyata sudah seperti sahabat bagi "wong kito galo".

Jangan heran kalau Anda melihat makanan yang mengandung kuah cuka itu bisa disantai saat perut kosong atau pada waktu sarapan. Takutkah mereka? Jawab mereka, "terbiasa"!

Bicara lebih jauh tentang pempek, di salah satu sudut kota Palembang, ada sebuah pusat pempek, letak pastinya di Jalan Mujahidin, 26 Ilir, Palembang, Sumatera Selatan. Nah, yang menjadi toko pempek yang cukup sesepuh adalah toko pempek Hesty.

Dijelaskan salah seorang pelayannya, Mar, toko ini sudah berdiri sejak 1997. "Toko ini buka pas lagi zaman moneter!" tegasnya pada Okezone saat mampir ke warung makannya Rabu (14/2/2018). Mar melanjutkan, ada kisah menarik di balik berdirinya Pempek Hesty.

Menurut cerita Mar, Pempek Hesty dibuka karena saat moneter datang, banyak warga yang kesulitan mencari nafkah. Alhasil, banyak yang pergi merantau dan tak jarang mereka kesulitan untuk makan sehari-hari. Setelah Pempek Hesty hadir, akhirnya banyak perempuan yang memiliki pekerjaan. "Toko ini bisa dibilang penyelamat saat moneter," ungkap Mar ramah.

Mar melanjutkan, saat moneter tiba, di gang ini memang kemudian banyak "orang punya" yang kemudian membuka toko pempek untuk membantu masyarakat sekitar. Selain Pempek Hesty, Pempek Aan dan Pempek Edy juga terbilang sudah senior di kalangan penjual pempek.

Bicara sedikit mengenai Pempek Hesty, Mar menjelaskan bahwa awalnya rumah makan ini hanya memiliki 3 pegawai. Mereka adalah Wa Jamila, Wa Nurhayati, dan Be' Mo.

Sementara itu, kepada Okezone Mar coba menceritakan bagaimana membuat pempek polos dan pempek isi telur.

Pada dasarnya kedua pempek ini adonannya sama. Namun, yang membedakan hanya isiannya saja.

Berikut cara membuat pempek ala Pempek Hesty:

- siapkan adonan ikan tenggiri papan dan tepung

- adonan kedua bahan tersebut sampai rata

- pola setiap adonan dengan baik. Jika pempek isi telur, biasanya polanya berbentuk lingkaran karena bagian dalamnya diisi telur. Sementara itu, untuk pempek polos, bentuknya biasanya persegi panjang.

- adonan direbus selama 30 menit

- dinginkan

- pempek siap disantap langsung atau bisa digoreng lagi

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini