Image

Jangan Cuma Tahu Pempek, Panganan Model Juga Jadi Primadona Pelancong saat di Palembang

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Kamis 15 Februari 2018 19:31 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 02 15 298 1860100 jangan-cuma-tahu-pempek-panganan-model-juga-jadi-primadona-pelancong-saat-di-palembang-P6igzK3GXy.jpg Model (Foto: Virallio)

PEMPEK sudah sangat melekat di pikiran setiap orang ketika mendengar kata Palembang. Makanan yang terbuat dari tepung dan ikan serta dimakan bersamaan dengan cuka khas tersebut memang nikmat dan menjadi makanan yang wajib diicip saat berkunjung ke Palembang.

Tapi, jika Anda merasa cuka tidak begitu bersahabat dengan perut Anda, ada makanan khas Palembang lainnya yang bisa dicoba dan tentunya enak, yakni model. Jangan aneh mendengar nama makanan ini, ketika sudah berada di mulut, semua masalah sepertinya akan hilang.

Ya, model sebelumnya hampir mirip dengan pempek. Mereka yang menjual pempek pun biasanya akan menawari Anda model sebagai makanan alternatif.

Menurut salah seorang penjual pempek Wak Ati, dua makanan ini sudah sangat familiar di Palembang. Namun, "nasib" model sepertinya tidak sepopuler pempek. Makanya, ketika penjual menawari model ke pembeli yang baru pertama menginjakan kaki di Palembang, biasanya reaksi yang terlihat adalah kaget. Ada makanan yang namanya model.

Pada Okezone, Wak Ati coba menjelaskan 3 perbedaan mendasar dari model dan pempek sehingga Anda tidak kaget ketika melihat makanan ini pertama kali.

"Pada dasarnya, di model pun ada pempeknya. Tapi, yang kemudian menjadi beda adalah kuah, pendamping pempek, dan jenis pempeknya itu sendiri," terangnya saat diwawancarai Kamis (15/2/2018).

 

Kuah

Untuk pempek, kuah yang bakal dihidangkan adalah kuah cuka yang khas. Biasanya berwarna hitam dan kuahnya bervariasi, tergantung dari pembuatnya. Tapi, bicara standar kuah cuka, yang pekat yang enak.

Nah, kalau model, kuahnya seperti kuah bakso. Warnanya bening dengan ada rasa kaldu yang cukup kuat di cairan tersebut. Oh iya, bagi Anda yang merasa kuah model kurang sedap, Anda bisa menambahkan jeruk nipis yang biasanya disediakan.

Pendamping Pempek

Pempek biasanya disajikan dengan mie kuning dan juga mentimun. Tidak usah khawatir, pendamping ini bisa ditambahkan atau tidak karena itu tidak memengaruhi rasa sama sekali.

Untuk model, pendampingnya adalah bihun. Semakin mirip dengan bakso bukan? hehehe

Pempek

Pada umumnya, untuk pempek, Anda akan disuguhkan berbagai varian bentuk dan rasa pempek. Ada yang rasa ikan polos, ada yang rasa ikan ditambah dengan rasa telur di bagian dalamnya.

Sementara itu, untuk model, pempek yang digunakan hanya pempek berisi tahu. Bicara rasa? Ternyata tidak begitu mengecewakan. Sebab, pada dasarnya kedua pempek ini adonannya sama, yang berbeda hanya isiannya.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini