Image

5 Tips Merayu Anak biar Tak Malas Sarapan Sebelum Berangkat Sekolah

Dewi Kania, Jurnalis · Kamis 15 Februari 2018 20:57 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 02 15 298 1860243 5-tips-merayu-anak-biar-tak-malas-sarapan-sebelum-berangkat-sekolah-ucLfbnV585.jpg Sarapan (Foto: Youtube)

SARAPAN pagi penting sekali dilakukan untuk membangkitkan energi supaya siap beraktivitas. Terlebih, bagi anak-anak yang akan menimba ilmu di sekolah.

Anak-anak dianjurkan untuk makan pagi sebelum berangkat ke sekolah. Namun sayang, masih banyak anak yang menolak sarapan dengan berbagai alasan.

Sebagai orangtua, Anda harus menyiasati ketika anak memilih tidak sarapan sebelum ke sekolah. Hal ini bisa diatur lebih baik, supaya anak tidak malas.

Ketua Pergizi Pangan Indonesia Prof Dr Hardinsyah, MS membeberkan lima tips sederhana yang bisa diterapkan para ibu agar bisa membujuk anaknya agar mau sarapan. Simak rangkumannya berikut yang ditulis Okezone, Kamis (15/2/2018).

Bangunkan anak lebih pagi

Kunci anak supaya mau sarapan dan tidak tergesa-gesa yakni seorang ibu harus membangunkan anaknya lebih pagi. Paling tidak bangunkan anak sekira satu jam sebelum berangkat ke sekolah. Waktu tersebut dirasa cukup untuk anak-anak yang siap ke sekolah.

"Anak yang bangun pagi pasti tidak tergesa-gesa untuk sarapan. Juga, ada golden time untuk ngobrol dengan mama dan papanya," ujar pria yang akrab disapa Prof Hardin itu.

Sediakan menu sarapan bervariasi

Supaya anak mood untuk sarapan, pasti ibu harus menyediakan menu sarapan sehat dan bervariasi. Pastikan di meja makan tersedia sumber karbohidrat dari kentang, roti gandum atau nasi merah, sertakan juga sumber protein dari daging ayam, sapi, ikan atau telur. Ditambah dengan tambahan sumber serat dari sayuran dan buah-buahan.

Tawari menu sarapan kesukaannya

Anak-anak butuh dimanja dan diperhatikan, apalagi sebelum berangkat ke sekolah. Tawari menu makanan kesukaannya yang membuat anak doyan makan. Misalnya, anak suka makan roti dan selai cokelat atau buah. Atau anak doyan salad sayuran atau telur mata sapi, tambahkan dengan jus buah segar atau susu yang juga merupakan sumber protein dan serat. Jangan lupa, berikan anak minum air putih yang cukup agar tidak dehidrasi.

Sarapan santai

Pastikan waktu di pagi hari banyak digunakan untuk makan pagi sebelum ke sekolah. Jangan biarkan anak tergesa-gesa untuk menghabiskan makanannya. Pastikan biasakan sarapan 30 menit sebelum pergi. Tentu bangunkan mereka lebih pagi dan siapkan makanan kesukaannya.

Ajak anak bercengkerama di meja makan

Ketika sarapan, pastikan untuk mengajak anak-anak ngobrol. Tanyakan apa yang mereka mau dan bakal ada kegiatan apa saja yang mereka lakukan di sekolah. Tanyakan hal-hal sederhana supaya anak betah dan mau menghabiskan makanannya. Jangan buat anak-anak makan cepat dan lahap supaya makanan mudah dicerna.

"Sarapan jadi momen golden time bagi sebuah keluarga. Anak, ibu dan ayah jadi lebih intim membangun keluarga sakinah," pungkasnya.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini