Image

Pemilik Sop Kaki Kambing Dudung Roxy Meninggal Dunia

Tiara Putri, Jurnalis · Kamis 15 Februari 2018 21:15 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 02 15 298 1860309 pemilik-sop-kaki-kambing-dudung-roxy-meninggal-dunia-2bRDy6WyO9.jpg Sop Kaki Kambing Dudung Roxy (Foto: mubarik63/Instagram)

KABAR duka datang dari pendiri rumah makan terkenal, Sop Kaki Kambing Dudung Roxy. Berdasarkan informasi yang dihimpun Okezone dari media sosial, Kamis (15/2/2018), pemiliknya H. Achmad Hadi atau yang akrab disapa Bang Dudung tadi pagi menghembuskan napas terakhir. Hal ini diketahui dari cuitan akun Twitter @adjieavatara.

Telah meninggal dunia Dudung Roxy, hari ini pkl.10.10. Sang legenda & maestro sop kaki kambing kaki 5, Roxy, Jkt. Bagi pecinta kuliner ang 70's, 80's, 90's umumnya mengenal sosok beliau. Selamat jalan bang Dudung 😭,” tulisnya. Sementara itu, akun @ciluckbaa juga menginformasikan jika Bang Dudung meninggal di Rumah Sakit Mayapada.

 (Baca Juga: 5 Tips Merayu Anak biar Tak Malas Sarapan Sebelum Berangkat Sekolah)

Menilik ke belakang, almarhum mulai merintis usaha rumah makannya sekira tahun 1976. Namun pada saat itu rumah makan miliknya berbentuk warung tenda. Keunikan rasa makanan yang disajikan kemudian membuat rumah makan tersebut terkenal dan hingga saat ini sudah memiliki lebih dari 10 cabang yang tersebar di Jakarta.

 

(Foto: hasyimmah/Instagram)

Makanan yang paling terkenal dari Sop Kaki Kambing Dudung Roxy adalah tentu saja sop-nya dan sate kambing. Banyak yang berpendapat jika sop kaki yang disediakan oleh rumah makan tersebut itu memiliki campuran rasa gurih dan asin yang pas. Kuah sop berwarna putih kekuningan dengan aroma minyak samin atau minyak nabati. Uniknya, untuk membuat kuah, pendirinya menggunakan susu bubuk.

  (Baca Juga: Jangan Cuma Tahu Pempek, Panganan Model Juga Jadi Primadona Pelancong saat di Palembang)

Biasanya kuah sop memiliki dua versi yaitu kuah bening dan kuah santan. Kalau di rumah makan ini, kuahnya dibuat dengan cara menyeduh susu bubuk dengan air panas kemudian dicampurkan dengan minyak samin pilihan. Konon katanya, walaupun memiliki banyak cabang, masing-masing rumah makan memiliki cita rasa sop yang sama.

 

 (Foto: sandra_ira/Instagram)

Beralih ke soal daging kambing. Porsi daging yang disajikan dalam semangkuk sop bisa dikatakan cukup banyak. Ada potongan yang besar dan yang kecil. Tekstur daging yang empuk membuat penikmatnya tidak perlu bersusah payah untuk mengunyahnya. Inilah poin tambahan untuk makanan tersebut. Selain itu, ada pula potongan tomat untuk menyegarkan dan tidak lupa ditaburi emping di atasnya.

Walaupun harganya telah mengalami kenaikan, tetap saja banyak pengunjung yang rela datang untuk membelinya. Tak hanya itu, mereka juga tak masalah untuk menunggu penyajian walaupun sedikit lama karena situasi rumah makan yang ramai. Di sisi lain, variasi menu yang ditawarkan membuat pengunjung tidak bosan. Mulai dari otak sampai kaki kambing tersedia di rumah makan ini.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini