nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Selain Mi, 4 Makanan Ini Diyakini Membawa Keberuntungan saat Imlek

Pradita Ananda, Jurnalis · Kamis 15 Februari 2018 22:47 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 02 15 298 1860352 selain-mi-4-makanan-ini-diyakini-membawa-keberuntungan-saat-imlek-etIrsVaxy7.jpeg Ikan kukus (Foto: Taste)

TIDAK terasa, tepatnya Jumat 16 Februari 2018, perayaan Tahun Baru China atau biasa disebut Imlek sudah siap menyambut di depan mata.

Selayaknya perayaan pesta pada umumnya, perayaan Imlek juga pastinya dirayakan dengan berbagai jenis hidangan yang lezat.

Bicara soal sajian hidangan saat Imlek, ternyata ada sederet hidangan khusus yang diyakini akan membawa keberuntungan di tahun yang baru ini. Apa saja makanan-makanan tersebut? Menyitat Chinahighlights, Kamis (15/2/2018).

Ikan kukus (steamed fish)

Hidangan ikan kukus saat Imlek hadir dengan makna yakni meningkatkan kemakmuran. Dalam bahasa China, ikan memiliki ejaan Yú atau yoo yang terdengar seperti kata dengan surplus. Orang-orang Chinese disebutkan selalu ingin mengalami untung di akhir tahun, karena mereka berpikir jika mereka berhasil untung di akhir tahun, maka mereka dapat menghasilkan lebih banyak di tahun depan berikutnya.

Dalam mengonsumsi ikan, ada sederet peraturan khusus terkait posisi ikan itu sendiri. Pertama, kepala ikan harus ditempatkan diposisikan menghadap kepada tamu terhormat atau orang yang dituakan, untuk mewakili rasa hormat. Kedua, hidangan ikan ini hanya bisa dikonsumsi setelah orang yang dituakan atau yang dihormati tersebut sudah memakan kepala ikan ini terlebih dahulu. Terakhir, ikan tidak boleh digerakkan. Dua orang dihadapkan oleh bagian kepala dan ekor ikan harus minum bersama, di mana hal ini dianggap memiliki makna keberuntungan.

Chinese dumpling

Kehadiran hidangan Chinese dumpling saat Imlek ini diketahui memiliki legenda, bahwa lebih banyak dumpling yang dimakan selama perayaan Tahun Baru, semakin banyak uang yang bisa dihasilkan di Tahun Baru. Isian untuk Chinese dumpling yang bisa diolah dengan cara direbus, digoreng, atau dipanggang ini yang populer digunakan biasanya adalah daging babi cincang, udang potong dadu, ikan, ayam, daging sapi, dan sayuran. Sebagai catatan masyarakat Tionghoa tidak mengonsumsi yang namanya Chinese sauerkraut, yakni dumplings saat Spring Festival, karena menyiratkan sebagai masa depan yang buruk dan sulit.

Spring rolls 

Spring rolls disebutkan memiliki arti kekayaan atau wealth. Hidangan kudapan satu ini terkenal terutama di area China Timur seperti Jiangxi, Jiangsu, Shanghai, Fujian, Guangzhou, Shenzhen, Hong Kong dan area lainnya. Memiliki makna kekayaan, disebabkan karena spring rolls ini hadir dengan bentuk emas batangan.

Rice cake

Rice cake dengan nama Niángāo /nyen-gaoww/ ini terdengar seperti kata dengan arti semakin tinggi dari tahun ke tahun. Di pikiran orang-orang China, ini dipahami sebagai, semakin tinggi posisi dalam hidup maka semakin sejahtera pula urusan kehidupan yang digeluti yang merupakan peningkatan perubahan lebih baik dalam hidup. Bahan utama dalam membuat niangao adalah ketan, gula, chestnut, kurma China, dan daun teratai.

Mi 

Sajian mi rasanya bisa dibilang jadi sajian paling terkenal yang dihidangkan saat Imlek. Mi sendiri diartikan sebagai simbol dari kebahagiaan dan panjang umur. Panjangnya mie dan proses persiapan akan mi itu sendiri disimbolkan sebagai simbol kehidupan orang yang memakannya. Mi yang tersaji saat perayaan Imlek, disebutkan lebih panjang dari mi normal lainnya dan tidak dipotong. Untuk proses pembuatan, biasanya mi bisa diolah dengan cara digoreng lalu disajikan di atas piring, atau bisa juga direbus lalu disajikan di dalam sebuah wadah mangkuk lengkap bersama dengan kuah.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini