Image

Parade Chingay, Perayaan Imlek Terbesar di Singapura

Dada Sathilla, Jurnalis · Jum'at 16 Februari 2018 00:01 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 02 15 406 1860049 parade-chingay-perayaan-imlek-terbesar-di-singapura-xqNudtP8Yf.jpg (Foto: Misstamchiak)

TAHUN baru imlek dirayakan besar-besaran di Singapura. Salah satu jenis perayaan imlek yang sudah menjadi tradisi di Singapura adalah parade Chingay.

Parade yang digelar untuk menghormati tahun baru imlek ini menghadirkan pertunjukan seni Tionghoa, tari, badut, akrobat, serta pertunjukan seni dari berbagai negara.

Parade Chingay yang merupakan salah satu kegiatan imlek terpenting di Singapura sebenarnya berasal dari tradisi di Tiongkok.

Kata Chingay sendiri berasal dari dialek Hokkian yang berarti seni kostum dan menyamar. Parade Chingay kemudian digelar di Singapura pertama kali pada tahun 1973 dan terus digelar hingga menjadi tradisi perayaan imlek hingga kini.

Saat parade Chingay berlangsung ada banyak pertunjukan seni Tionghoa seperti barongsai, wushu, tarian naga dan egrang. Tak lupa pertunjukan akrobat, parade pelampung, badut, tarian kontemporer, sulap hingga tarian kembang api menghibur warga Singapura serta turis.

(Baca Juga: Tak Harus Cheongsam, Ini Ide Busana Menarik untuk Rayakan Imlek)

Salah satu higlight parade Chingay adalah parade pelampung yang unik. Pelampung berwarna - warni dengan desain yang unik dan detail terlihat sangat menarik terutama yang berbentuk zodiak dan dewa keberuntungan. Pertunjukan seni tradisional dari berbagai negara juga turut serta memeriahkan parade Chingay. Kontingen Indonesia juga turut ambil bagian memeriahkan parade Chingay tahun 2017 lalu.

(Baca Juga: Wisatawan Enam Negara Ikut Meriahkan Tradisi Imlek Perang Air di Riau)

(Foto: Visit Singapore)

Tahun 2018 ini parade Chingay digelar selama 2 hari yaitu pada 23 dan 24 Februari di F1 pit building di Marina Waterfront. Pertunjukan selama 2 jam ini biasanya tak hanya ditonton warga Singapura saja namun juga menarik kehadiran banyak turis.

Untuk menonton parade Chingay mesti membeli tiket dengan harga mulai dari 28,5 SGD hingga 60 SGD atau sekitar Rp.292.000,00 - Rp.615.000,00. Pertunjukan akan dimulai sejak jam 7 malam hingga 9.30 malam.

(Baca Juga: Fakta Menarik Seputar Imlek yang Tak Banyak Diketahui)

Parade Chingay yang juga menampilkan pertunjukan laser telah menjadi tradisi perayaan imlek di Singapura serta pawai multikultural yang memukau.

(

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini